Menpora Mencla-Mencle, Ralat Ucapannya, Kini Sebut GBK Boleh Dipakai Relawan Jokowi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali cepat-cepat memberikan penjelasan mengenai pemakaian Stadion Gelora Bung Karno (GBK) oleh relawan Jokowi pada Sabtu (26/11/2022).

Pemakaian GBK untuk acara relawan Jokowi sendiri menuai sorotan dan kritikan, mengingat sebelumnya GBK melarang adanya konser dan berbagai aktivitas dengan alasan akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sebagai informasi, stadion GBK digunakan oleh relawan Jokowi dalam menggelar acara "Nusantara Bersatu". 

Adapun GBK seharusnya dilarang dipakai karena hendak menjalani renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20.

Mengenai hal itu, Amali menjelaskan bahwa larangan penggunaan GBK akan dimulai jika Kementerian PUPR sudah siap merenovasi.

Jika Kementerian PUPR sudah masuk, barulah GBK dilarang digunakan hingga ajang Piala Dunia U-20 berakhir.

"Kalau mereka (Kementerian PUPR) sudah masuk. Nah sampai dengan selesainya event (Piala Dunia U-20) itu tidak boleh digunakan," kata Amali di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Yang kemarin kan PU (Kementerian PUPR) belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu," sambungnya.

Amali turut mengklarifikasi pernyataannya beberapa waktu lalu, di mana dirinya menyatakan Stadion GBK tidak boleh digunakan hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 usai pada 2023.

Menurut Amali, pernyataannya pada 2 November 2022 itu menyebutkan kondisi jika GBK telah memasuki masa renovasi. 

Karena itu, tidak ada yang salah dengan relawan Jokowi saat menggunakan GBK untuk berkumpul, mengingat Kementerian PUPR belum masuk.

"Apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada (konser) Blackpink dan lain-lain. Saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai," jelas Amali.

"Renovasi itu ditandai oleh tim dari (Kementerian PUPR) PUPR masuk ke GBK, ke Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan Solo, Stadion GBT Surabaya, Stadion Wayan Dipta Bali, dan Jakabaring Palembang," sambungnya.

Menurut Amali, renovasi stadion sepak bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 akan dimulai pada Desember 2022.

Sebelumnya, berbagai kelompok relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu yang dihadiri oleh ribuan orang pada Sabtu (26/11/2022) di Stadion GBK Jakarta.

Penggunaan GBK oleh ribuan relawan tersebut memunculkan pertanyaan karena sebelumnya Menpora Amali memberikan pernyataan bahwa stadion kebanggaan Indonesia itu tak boleh digunakan, bahkan oleh Tim Nasional Indonesia di Piala AFF, karena akan dipersiapkan menjelang Piala Dunia U-20. [Democrazy/Antara]
Baca juga :