Pak Anies Purna Tugas, kami TGUPP juga selesai bertugas. Alhamdulillah, insyaallah husnul khotimah

Oleh: Tatak Ujiyati (eks anggota TGUPP)

Mas Anies Purna Tugas, kami TGUPP (Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan) juga selesai bertugas. Alhamdulillah, insyaallah husnul khotimah.

Lima tahun telah dituntaskan membantu Mas Anies melayani warga Jakarta. Melihat dari dekat bagaimana Mas Anies Memimpin Jakarta. 

Beliau bukan model mandor yang mudah marah hanya karena ada ibu-ibu mengadu ke balaikota tak bisa mencairkan KJP. 

Beliau juga bukan level manajer yang menyuruh ini itu tanpa alasan yang jelas. Tidak mengatur nitty gritty

Mas Anies mampu menginspirasi, membimbing, dan menggerakkan tim yang dipimpinnya. Untuk bisa kreatif menyelesaikan masalah, mampu mengeluarkan potensi terbaik demi melayani warga Jakarta dengan lebih prima.

Hasilnya bisa kita lihat di Jakarta kini. Berapa banyak inovasi-inovasi baru yang diciptakan Pemprov DKI Jakarta. Yang tentu saja tak muncul dari satu orang Anies belaka, tapi lahir dari puluhan atau ratusan orang yang terinspirasi dan tercerahkan olehnya. Orang-orang yang terinspirasi untuk bekerja kreatif membuat gagasan, kebijakan, program, strategi yang tadinya lama tersumbat bisa terurai dan selesai dengan baik.

Mulai dari soal pembangunan JIS yang sudah dijanjikan oleh 5 gubernur, baru selesai di masa Anies. Trans Jakarta dan MRT yang tadinya kerja sendiri-sendiri bisa terintegrasi dalam wujud stasiun CSW. Inovasi ruang limpas sungai dan taman-taman parkir air efektif menanggulangi banjir. JAKI sebuah aplikasi super yang dibangun in house oleh Pemprov DKI Jakarta sendiri, bisa menyambungkan komunikasi 2 arah antara warga dan pemerintahnya. Warga yang dulunya digusur, jaman Anies kampungnya dibangun kembali. Pun persoalan agrarianya tuntas diselesaikan demi kepentingan warga. Belum lagi bantuan sosial seperti program sembako murah, kartu lansia, kartu anak Jakarta, kartu disabilitas dll.

Bekerja dengan Mas Anies tidak pernah membosankan. Sebab kita tidak pernah bicara hal-hal kecil nitty gritty, tapi bicara tentang tujuan besar, tentang keinginan bersama berbuat yang terbaik untuk warga Jakarta. Setiap orang merdeka berkreasi dengan batasan sesuai koridor aturan yang dibolehkan.

Terimakasih Mas Anies atas kesempatan yang diberikan untuk turut serta bekerja melayani warga Jakarta. Lima tahun yang amat berarti.

(Tatak Ujiyati)