PNS Kemendikbud ungkap Sisi lain dari kebijakan “shadow organization” Mendikbud Nadiem

[PORTAL-ISLAM.ID]   Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengakui bahwa dirinya mempunyai tim khusus yang dengan 400 anggota. Masing-masing pimpinan atau manager tim memiliki posisi yang setara dengan direktur jenderal (dirjen).

"Kami sekarang memiliki 400 orang product manager, software engineer, dan data scientist yang bekerja sebagai Shadow Organization untuk kementerian. Tim yang beranggotakan 400 orang, bukanlah vendor untuk kementerian. Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapa di antaranya hadir di sini," ujar Nadiem dalam acara United Nations Transforming Education Summit di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat seperti dikutip dari Instagram resminya @nadiemmakarim, Rabu (22/9/2022).

Menanggapi hal itu, publik menilai Shadow Organization ala Nadiem ini seperti Satgassus pimpinan Sambo di Mabes Polri yang akhirnya dibubarkan.

"Di Kementrian pendidikan ada shadow organization (organisasi bayangan) yang nampaknya menentukan segalanya. Apa organisasi itu? And who really the people in control? Kenapa harus ada organisasi shadow.. lalu Kementrian dan jajarannya jadi apa?" ujar Imam Shamsi Ali di akun twitternya @ShamsiAli2.

TERBARU... seorang PNS Kemendikbud curhat tentang "shadow organization" bentukan Menteri Nadiem.

Bisa dibaca di screenshot di atas yang viral di media sosial setelah diunggah akun @kpertiwi29.