Muncul Meme '2024 Gantian Asli UGM' pasca Anies Baswedan menyatakan Siap Maju Pilpres 2024

[PORTAL-ISLAM.ID] Di media sosial muncul meme dengan tulisan '2024 Gantian Asli UGM'.

Meme ini muncul setelah sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon Presiden di Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kesiapannya menjadi calon Presiden (Capres) 2024. Hal itu disampaikan Anies saat diwawancara di Singapura oleh Reuters pada Jumat (16/9/2022) lalu.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," ujar Anies.

Seperti diketahui, Anies Baswedan merupakan alumni UGM, bahkan menjadi aktivis mahasiswa saat kuliah di UGM. Bukti foto-fotonya ada lengkap dengan segala kiprah dan prestasinya.

Untuk melihat seperti apa profil Anies Baswedan, bisa dilihat dari riwayat pendidikannya. 

Gubernur kelahiran 7 Mei 1969 ini sudah lekat dengan pendidikan karena kedua orang tuanya, Rasyid Baswedan dan Aliyah adalah seorang pendidik.

Lantas seperti apa latar pendidikan Anies Baswedan? Berikut ulasannya dikutip dari laman Kepustakaan Presiden Perpusnas dan PPID Jakarta seperti dilansir detikcom.

Pendidikan Anies Baswedan:

1. TK Masjid Syuhada - SD Laboratori Yogyakarta

Anies mulai mengenyam bangku pendidikan pada usia 5 tahun. Saat itu, ia bersekolah di TK Masjid Syuhada. Kemudian pada usia enam tahun, Anies masuk ke SD Laboratori, Yogyakarta.

2. SMPN 5 Yogyakarta

Setelah lulus SD, Anies diterima di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Semasa SMP, dia aktif dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolahnya, dan menduduki jabatan sebagai pengurus bidang humas.

3. SMAN 2 Yogyakarta

Pada jenjang berikutnya, Anies meneruskan ke SMA Negeri 2 Yogyakarta. Dia masih tetap aktif berorganisasi hingga terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS dan mengikuti pelatihan kepemimpinan bersama tiga ratus orang Ketua OSIS se-Indonesia.

Hasilnya, Anies terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia pada tahun 1985. Lalu pada tahun 1987, dia terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Program ini membuatnya menempuh masa SMA selama empat tahun dan baru lulus pada tahun 1989.

4. Studi Asia di Universitas Sophia, Tokyo, Jepang (1993)

Pada tahun 1993, Anies mendapat beasiswa dari JAL Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas di Sophia University, Tokyo, dalam bidang kajian Asia.

Beasiswa ini ia dapatkan setelah memenangkan sebuah lomba menulis mengenai lingkungan.

5. S1 Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta (1995)

Pada tahun 1995, Anies diterima masuk di Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Di kampus, Anies juga aktif berorganisasi dan bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam dan menjadi salah satu anggota Majelis Penyelamat Organisasi HMI UGM.

6. S2 di Universitas Maryland, College Park, Amerika (1998)

Tiga tahun kemudian, pada tahun 1998, Anies diterima untuk lanjut studi Master of Public Management di Sekolah Urusan Publik, Universitas Maryland, College Park, Amerika.

7. S3 di Northern Illinois University, Amerika (2004)

Pada tahun 2004, Anies mengambil studi lanjut Doctor of Philosophy bidang Departemen Ilmu Politik di Northern Illinois University, Amerika.

(Sumber: Detikcom)