Dr Ardi: Polisi Yang Baik Justru Minoritas

REPOSISI POLISI 

Oleh: Dr. Ardi Wirdamulia (@awemany), Politisi Demokrat

Emang ada yang salah dengan cara berpikir polisi kita. BEBERAPA? Tiap hari kita mendapat berita tentang kriminalitas atau kekasaran yang dilakukan oleh polisi. Di mana-mana. Dalam pengalaman pribadi pun kita sering memperoleh pengalaman yang tidak menyenangkan.  Segitu ngga sadarnya?

Tentu saja tetap ada polisi yang baik. Tapi ya mbok disadari kalau polisi yang baik itu justru minoritas. Yg arogan dan merasa kuasa itu pasti lebih banyak. Belum lagi yg korup atau terlibat dalam perlindungan perjudian, pelacuran atau jadi centengnya pengusaha. Sistemik.

Problem kepolisian kita itu bukan cuma sekadar citra. Ini betulan sudah jadi penyakit yang berawal dari sistem rekrutmen yang bermasalah sampai dengan sistem promosi yang berorientasi pada daerah "basah". Ini yg harus diakui dan dibenahi.

Saya sendiri percaya bahwa polri ini sudah memupuk terlalu banyak kuasa di tangannya. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan desentralisasi kepolisian sampai daerah tingkat 2. Di tingkat nasional kewenangannya juga mesti dibagi-bagi. Cuma itu caranya.

(dari utas twit)