KOMINFO Babak Belur Dihajar Netizen Mendunia

[PORTAL-ISLAM.ID] Hari Sabtu (30/7/2022), Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi memblokir tujuh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat beken di Tanah Air. 

Ketujuh platform itu meliputi platform Yahoo, PayPal, platform distribusi game, seperti Epic Games dan Steam, serta platform game, seperti Dota, Counter Strike, dan Origin.

Keputusan pemblokiran massal ketujuh platform itu pun memantik protes keras dari warganet Indonesia.

Protes paling banyak berasal dari warganet yang juga pemain dan pecinta game. Twit protes dari warganet dan gamer ini pun turut dibubuhi tanda pagar atau hastag #BlokirKominfo serta meme.

Saking banyaknya warganet yang protes, tagar #BlokirKominfo pun menjadi Trending Dunia masuk ke daftar Trending Topic Worldwide Twitter di posisi paling atas.

Bahkan hingga pagi ini, Minggu (31/7/2022), twit yang menggunakan hastag #BlokirKominfo sudah mencapai lebih dari 123.000 twit dan masih terus bertambah.

Adapun twit yang membubuhkan hastag #BlokirKominfo kebanyakan berisi ungkapan kekecewaan, kesedihan, dan kekesalan warganet karena Kominfo memblokir Yahoo, PayPal, Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin.

Sejumlah warganet juga kompak menyebut bahwa pemblokiran Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin sama dengan upaya mematikan industri e-sports di Tanah Air.

Sedangkan, pemblokiran PayPal sama saja membuat para pekerja lepas hingga kreator konten tidak bisa mendapatkan bayaran dari pekerjaannya di luar negeri.

Tak sedikit warganet yang menilai keputusan pemblokiran ini sebagai hal "konyol" dan  menggaungkan untuk merombak bahkan membubarkan Kementerian Kominfo.

BERIKUT DIANTARA TWIT-TWIT WARGANET YANG MENGGAUNGKAN TAGAR #BlokirKominfo: