Shalat Memakai Sandal?

Shalat Memakai Sandal?

Oleh: Kyai Ma'ruf Khozin

Klaim Manhaj Salaf di gambar ini lagi-lagi sekedar pengakuan yang penuh kebohongan. Sebab ulama Salaf tidak semuanya mengatakan sunah memakai sandal saat shalat.

Mana haditsnya? Mau minta berapa??!!!

Dalil yang disampaikan ini terdapat dalam Kitab Sunan Abi Dawud dengan no 650 dalam versi Syamilah Android. Andaikan tidak tergesa-gesa menyimpulkan dan mereka mau membuka no hadits selanjutnya akan berpendapat sama seperti mayoritas ulama.

Abu Dawud meriwayatkan pada no 653:

ﻋﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ ﺷﻌﻴﺐ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻋﻦ ﺟﺪﻩ، ﻗﺎﻝ: ﺭﺃﻳﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ «ﻳﺼﻠﻲ ﺣﺎﻓﻴﺎ ﻭﻣﻨﺘﻌﻼ

"Dari Amr bin Syuaib dari kakeknya bahwa ia melihat terkadang Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam shalat tanpa sandal dan terkadang pakai sandal."

Di hadits ini jelas-jelas ada Sahabat yang melihat Nabi tidak pakai sandal saat shalat. Masak Nabi melakukan bid'ah?

Di bab berikutnya Abu Dawud menulis:

ﺑﺎﺏ اﻟﻤﺼﻠﻲ ﺇﺫا ﺧﻠﻊ ﻧﻌﻠﻴﻪ ﺃﻳﻦ ﻳﻀﻌﻬﻤﺎ

Jika orang yang shalat melepas sandalnya, dimana ia meletakkan keduanya?

Lalu Abu Dawud meriwayatkan hadis no 654:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: «ﺇﺫا ﺻﻠﻰ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﻓﻼ ﻳﻀﻊ ﻧﻌﻠﻴﻪ ﻋﻦ ﻳﻤﻴﻨﻪ، ﻭﻻ ﻋﻦ ﻳﺴﺎﺭﻩ، ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻋﻦ ﻳﻤﻴﻦ ﻏﻴﺮﻩ، ﺇﻻ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻋﻦ ﻳﺴﺎﺭﻩ ﺃﺣﺪ، ﻭﻟﻴﻀﻌﻬﻤﺎ ﺑﻴﻦ ﺭﺟﻠﻴﻪ»

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "Jika diantara kalian shalat maka jangan letakkan kedua sandalnya di kanan atau di kiri, maka engkau berada di kanan yang lain kecuali di sebelah kirinya ada seseorang, maka letakkan sandal tersebut diantara kedua kakinya."

Shalat Di Sajadah Dan Tikar

Pembuat meme memang tidak terang-terangan menyebut bid'ah shalat di sajadah dan sunah shalat di tanah secara langsung. Di gambar yang memaksa sandal beralaskan tanah.

Andaikan lagi mereka buka Sunan Abi Dawud di no 656 maka akan menjumpai penjelasan hadits:

ﻗﺎﻟﺖ ﻣﻴﻤﻮﻧﺔ ﺑﻨﺖ اﻟﺤﺎﺭﺙ : ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺼﻠﻲ ﻭﺃﻧﺎ ﺣﺬاءﻩ ﻭﺃﻧﺎ ﺣﺎﺋﺾ ﻭﺭﺑﻤﺎ ﺃﺻﺎﺑﻨﻲ ﺛﻮﺑﻪ ﺇﺫا ﺳﺠﺪ ﻭﻛﺎﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻋﻠﻰ اﻟﺨﻤﺮﺓ

"Maimunah binti Harits berkata bahwa Nabi shalallahu alaihi wa sallam shalat dan saya berada di dekatnya. Terkadang pakaian Nabi menyentuh saya saat beliau sujud. Nabi shalat di atas kain selendang."

Masih di kitab hadis yang sama di no 658 Abu Dawud meriwayatkan:

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ، ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ «ﻛﺎﻥ ﻳﺰﻭﺭ ﺃﻡ ﺳﻠﻴﻢ ﻓﺘﺪﺭﻛﻪ اﻟﺼﻼﺓ ﺃﺣﻴﺎﻧﺎ ﻓﻴﺼﻠﻲ ﻋﻠﻰ ﺑﺴﺎﻁ ﻟﻨﺎ» ﻭﻫﻮ ﺣﺼﻴﺮ ﻧﻨﻀﺤﻪ ﺑﺎﻟﻤﺎء

"Nabi shalallahu alaihi wa sallam mendatangi Ummu Sulaim. Kadang bersamaan dengan waktu shalat. Nabi shalat di atas tikar kami. Yaitu tikar yang kami basahi dengan air (dibersihkan dengan air)".

Sahih gak semua hadisnya? Antum kan pengikut Syekh Albani? Silahkan cek sendiri penilaian beliau terhadap hadits-hadits yang saya tampilkan.

(*)
Baca juga :