Pasukan Chechnya Cuma "Tentara Konten", Jago Depan Kamera Doang 😂

Pasukan Palsu Chechnya

Oleh: Fathi Nasrullah

Dari awal invasi Rusia ke Ukraina, Saya termasuk yang nyari-nyari korban jiwa dari pasukan Chechen Ramzan Kadyrov. Atau minimal combat footage (cuplikan baku tembak) nya. Dua bukti itu penting bagi saya demi menegaskan bahwa Chechen Kadyrov memang jagoan seperti yang dipropagandakan Rusia. Atau paling tidak, betul-betul terjun baku serang melawan Ukraina.

Tapi makin lama saya makin pesimis. Dari 10.000 pasukan mereka yang katanya diterjunkan ke Ukraina, dua bukti itu belum saya temukan. Padahal banyak mereka dibekali GoPro atau minimal bawa hp sendiri.

Akhirnya saya mulai ragu, Bener ga sih Chechen Kadyrov ini di garis depan?

Ternyata saya ga sendirian. Banyak OSINT hari ini menyebut Chechen Kadyrov ga lebih sebagai "Tentara Konten".

Gaya keren. Uniform dan persenjataan super lengkap yang bahkan ga digunakan para jenderal Rusia. Video propagandanya menyilaukan, dsb. Tapi sejatinya mereka cuma Tentara Plastik jago depan kamera doang. Jangankan hebat, Teknik dasar pertempuran yang bisa dipelajari dari film-film pun mereka ga ngerti.

Bukti paling nyata pada video kedua. Video Propaganda Kadyrov seolah pasukannya berjibaku menyerang lawan yang sembunyi di dalam gedung.

Tapi kan lucu banget ini. Doktrin offensif ke sebuah gedung adalah merangsek ke dalam, bukan nembakin dari luar gini. Apalagi terlihat beberapa personel sama sekali tidak berlindung dan malah bersandar di tembok terbuka. Ditambah lagi tidak ada tembakan balasan dari dalam.

Intinya Chechen Kadyrov ini sepertinya memang palsu. Sepalsu iman di hati mereka.

[Video 1]
[Video 2]