Lantunan Azan di 'Masjid Kaisar'

[PORTAL-ISLAM.ID]  Masjid Badshahi atau 'Masjid Kaisar', dibangun oleh raja ke enam Kesultanan Mughal, Raja Aurangzeb tahun 1671 dan selesai dibangun pada tahun 1673 di Lahore, Pakistan. Masjid Badshahi merupakan masjid dan sebagai landmark serta tujuan wisata utama kota Lahore.

Masjid ini merupakan contoh penting arsitektur Mughal, dengan eksterior yang dihiasi dengan ukiran batu pasir merah dengan tatahan marmer. Setelah jatuhnya Kekaisaran Mughal, masjid ini digunakan sebagai garnisun oleh Kerajaan Inggris, dan sekarang menjadi salah satu pemandangan paling ikonik di Pakistan.

Masjid Badshahi berkapasitas 10.000 jemaah di ruang sholat utamanya dan 95.000 jemaah di halaman tengah serta portiko, menjadikannya sebagai masjid tebesar di dunia dari tahun 1673 hingga 1986 (atau selama 313 tahun). 

Bangunan utama Masjid ini dibangun dari batu pasir merah, dan dihiasi dengan tatahan marmer putih. Ruang salat memiliki relung tengah yang melengkung dengan lima relung yang mengapitnya yang kira-kira sepertiga ukuran relung tengah. Masjid ini memiliki tiga kubah marmer, yang terbesar terletak di tengah masjid, dan diapit oleh dua kubah yang lebih kecil.

Interior dan eksterior masjid didekorasi dengan marmer putih rumit yang diukir dengan desain bunga yang umum untuk seni Mughal. Ukiran di masjid Badshahi dianggap sebagai karya arsitektur Mughal yang unik dan tak tertandingi. Kamar-kamar di setiap sisi ruang utama berisi kamar-kamar yang digunakan untuk pengajaran agama. 

Masjid berukuran begitu besar ini, memiliki empat menara di empat penjuru luar masjid masing masing setinggi 53.75m ditambah lagi empat menara di empat penjuru bangunan utama masjid dan halaman tengah seluas 253.899,9m2. Sekedar untuk perbandingan, tinggi menara masjid ini lebih tinggi 4.2 meter dibandingkan dengan menara Taj Majal, dan halaman tengah masjid ini sama luasnya dengan keseluruhan luas Taj Mahal.

Jumat kemarin (4/3/2022), Jonathan AC Brown (Professor of Islamic Civilization di Georgetown University AS) merekam video momen lantunan azan di masjid Badshahi dan mempostingnya di Twitter. 

Suara yang menakjubkan dan pemandangan yang sangat ikonik... membawa suasana kembali ke zaman keemasan Islam.

[Video]