Tanggapi Pernyataan Kapolres, Ketua MUI: Zikir 'Hasbunallah Wanikmal Wakil' Bukan untuk Perang

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua MUI Pusat, KH Cholil Nafis menanggapi pernyataan mantan Kapolres Purworejo Jawa Tengah, AKBP Rizal Marito yang mengatakan bahwa zikir 'Hasbunallah wani'mal wakil' adalah zikir untuk perang. 

Kiai Cholil Nafis mengatakan bahwa zikir itu merupakan zikir seorang hamba yang menyerahkan sebuah urusan hanya semata kepada Allah. 

"Dzikir hasbunallah wa ni'mal wakil itu sikap menyerahkan urusan kepada Allah dan mohon perlindunganNya," kata Kyai Cholil di akun Twitter-nya, Senin (14/2/2022). 

Kiai Cholil mengatakan, zikir itu pernah dipakai oleh nabi ketika diserang oleh pasukan kafir quraisi.

Dia menyebut bahwa zikir tersebut bukan untuk bersiap berperang, seperti dikatakan oleh AKBP Rizal Marito

"Itu dzikir Nabi saw saat dikabarkan akan diserang pasukan kuffar Quraisy dan dzikir Nabi Ibrahim as ketika dilempar ke api. Itu bukan dzikir melawan kezhaliman apalagi bersiap perang," kata Kiai Cholil. 

Sebelumnya, beredar video mantan Kapolres Kabupaten Purworejo, AKBP Rizal Marito menyebut zikir yang berbunyi 'Hasbunallah wani'mal wakil' adalah zikir untuk perang. 

Zikir itu dibaca warga Wadas saat didatangi polisi.

"Awalnya begitu kita (polisi) datang, tiba-tiba mereka (warga Wadas) melakukan dzikir Hasbunallah wa ni'mal wakil... ini biasanya digunakan untuk melaksanakan perang. Artinya mereka sudah mendesain tempat itu untuk perang," kata Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito di acara FAKTA tvOne. 

[Video]