Awalnya Dibanggakan Aspal Terbaik di Dunia, Setelah Dicoba Malah Membahayakan Pebalap, Akhirnya Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang Sesuai Standar

Menjadi orang Indonesia itu sangat asyik. Sepanjang kita memiliki rasa humor yang tinggi.

Enam bulan yang lalu, media menyebutkan kalau Aspal di Sirkuit Mandalika adalah aspal terbaik di Dunia. Bahkan mengalahkan Aspal di Sirkuit Sepang - Malaysia.

Netizen pun heboh. Sesekali boleh dong kita menyombongkan diri dengan "Adik Kecil" yang Keseluruhan Negaranya cuma seluas Provinsi Aceh, Sumut dan Sumatera Barat tersebut (itupun masih digerogotin dua cuil oleh Singapura dan Brunai Darussalam).

Selama ini kan Malaysia jauh meninggalkan kita. Kita punya Tugu Monas dengan pucuk berujung emas, eh mereka membuat Menara Kembar Petronas. Emang sih ngga ada ujung emas, tapi gedungnya bisa ditempat tinggali. Sangat efektif.

Kita masih sibuk menertibakan anak-anak muda kita yang hobby Balap Liar, eh mereka bikin Sirkuit Sepang untuk Balap Motor GP kelas Internasional.

Paling menyakitkan, para buruh dan Kuli Bangunan termasuk Tukang dan Mandor Batu yang membangun Menara Kembar dan Sirkuit Sepang justru dari Indonesia. Salah satu namanya Joko. Tentangganya bernama Susilo. Dia bersama ponakannnya Widodo dan Bambang jadi Buruh Kasar ke Malaysia.

Jadi ketika sesekali kita pernah "lebih baik" dari Malaysia, nilainya dua kali lipat. Selain bangga juga ada rasa puas dan terpuaskan. Seperti lidah menemukan remahan kacang tanah di sela gigi sehabis makan Sate. Gigi terbebas, kacangnya bisa dikunyah lagi...

Sayangnya, euforia ini harus cepat berhenti. Kebanggaan kita ternyata berumur pendek. Baru beberapa bulan dipuji, eh sudah muncul banyak masalah. Kabarnya aspal Sirkuit Mandalika tidak sesuai spek-nya. Aspal terbaik itu mengelupas. 

Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan tes resmi pada 11-13 Februari 2022. Sirkuit Mandalika akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022. 

Selama tiga hari tes tersebut, banyak masukan dari pebalap dan pihak terkait soal sirkuit, mulai dari sisi keamanan hingga permukaan lintasan yang merupakan bagian paling krusial buat balapan.

Dalam tiga hari tes, pebalap sempat terganggu oleh lintasan yang kotor pada hari pertama.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, juga sempat terkena benturan krikil. Sementara, pebalap Ducati, Pecco Bagnaia, terkena batu di lengan dan meninggalkan memar. 

Terbaik kok mengelupas?🤣

(Azwar Siregar)