Tanda 'Kiamat' Uang Kertas Kian Dekat, Ini Sinyal Terbaru BI

[PORTAL-ISLAM.ID]  Makin masifnya perkembangan digitalisasi di sektor keuangan RI membuat penggunaan uang kertas pun semakin berkurang.

Bahkan, menurut Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, pertumbuhan mobile banking juga mengalami peningkatan sebesar 49%. Sedangkan pertumbuhan penggunaan uang kertas, menurutnya sangat kecil atau hanya berada di kisaran 6-9%.

"Kalau kita lihat dari transaksi penggunaan untuk mobile banking kita itu tumbuhnya sampai 49%. Sementara penggunaan uang kartal itu relatif kecil, hanya 6-9%. Jadi artinya, mayoritas insight dari masyarakat kita untuk digitalisasi itu makin baik. Dan penggunanya, dalam hal ini merchant-merchant UMKM itu juga mereka sudah banyak sekali yang menggunakan," tutur Destry dalam acara Indonesia Fintech Summit 2021, Minggu (12/12/2021).

Dia mengatakan, tiap-tiap merchant yang ada di Tanah Air saat ini juga terakselerasi dari penggunaan transaksi digital yang dimiliki karena masyarakat lebih sering menggunakan dompet atau uang digital, dalam bertransaksi di kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan catatan BI, hingga Oktober 2021, jumlah uang kartal yang dikeluarkan BI tercatat sebesar Rp 3,9 triliun. Data ini mengalami penurunan sebesar 17,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/ yoy).