Semua Allah Yang Mengatur

Oleh: Naniek S Deyang

Diskusi 2 jam dengan "Suhu" saya yang ngajari saya utk shalat tepat waktu, kemarin ada satu kata yg bisa jadi pelajaran baru bagi saya pribadi. "Mbak Deyang jangan terlalu sempurna merencanakan apapun, karena Allah SWT yang akan menyempurnakan".

Setelah saya renungi ternyata 1000 persen bener. Kita manusia, apalagi saya pribadi yg pernah masuk di ruang isolasi 1 bulan dengan berbagai peralatan dipasang, akhirnya mulai paham dengan yg disampaikan seorang Abang yg juga saya anggap suhu. Saya pernah melalui fase hanya ada Allah dan saya yg lemah tidak berdaya.

Bagitu banyak dan banyak sekali yg sudah saya rencanakan, bahkan mendekati terealisasi namun semua ambyar, di saat mendekati kesempurnaan.

Siapa duga misalnya saya masuk rumah sakit terkena covid. Padahal dalam hitungan hari sebelumnya saya sangat sehat luar biasa. Kemudian semua apa yg direncanakan porak poranda, karena di RS-nya gak seminggu tapi dua bulan. Dua bulan keluar RS belum normal masih recovery lagi 2 bulan, dan Alhamdulillah sekarang sdh normal.

Banyak hal-hal yg membuat kecele (kaget nggak duga), saat kita meyakini apa yg kita rencanakan akan berjalan normal, namun di titik terakhir akhirnya zonk.

Lalu apakah kalau rencana kita gagal Allah SWT tidak meridhoi? Insyaallah tidak, tapi Allah memilihkan jalan yg sesui rencanaNYA. Saya misalnya gagal dan kehilangan materi dan kesempatan atas rencana yg saya buat, namun jalan lain Allah berikan utk menutup  "kerugian"saya dari pintu2 yg tidak terduga.

Allah akan menghargai hamba2-Nya yang berusaha sekeras-kerasnya, namun hasilnya bukan kita yg menulis, tapi Allah yang akan menulis.

Jadi jangan terlalu sempurna berencana, agar kita senantiasa ingat bahwa penentunya atau penyempurnanya Allah SWT. Tidak ada yg gagal dalam hidup ini, tapi yg terjadi justru pembelajaran agar kita tahu mana yg baik dan mana yg tdk baik. 

Ingat kapan mata berkedip, kapan kita bisa menelan ludah, bahkan kita menggaruk badan pun, semua gerakannya Allah yg atur 🙏. Lalu utk apa kita sombong dan jumawa atas semua perencanaan kita bila Allah yg akan menyempurnakan dan mengeksekusi hasil rancangan kita?

(12/12/2021)