Kalahkan Ganjar, Anies Jadi Tokoh Kepala Daerah dengan Elektabilitas Tertinggi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Guberur DKI Jakarta, Anies Baswedan ternyata merupakan tokoh kepala daerah yang paling tinggi elektabilitasnya sebagai calon presiden 2024. Namanya mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hal itu merupakan hasil survei yang diselenggarakan oleh Lembaga Survei KedaiKopi bertajuk "Survei Opini Publik Menuju 2024” yang dirilis Minggu (19/12).

Dalam survei ini, terdapat empat tokoh dari kalangan kepala daerah yang elektabilitasnya berada di urutan teratas sebagai calon presiden yang dipilih oleh 1.200 responden.

Hasilnya, Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan angka 37,4 persen. Selanjutnya di urutan kedua yaitu, Ganjar Pranowo dengan angka 34,5 persen.

Sedangkan di tempat ketiga ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 13,8 persen dan disusul oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa denyan 7,3 persen.

Sementara, responden yang menyebutkan bukan nama kepala daerah sebanyak 4,7 persen dan yang menjawab tidak tahu sebanyak 2,3 persen.

Pengambilan sampel survei ini dilakukan pada 16 sampai dengan 24 November 2021 dengan metode survei home visit atau face to face interview. Survei ini memiliki error sampling kurang lebih sebesar 2,83 persen dengan interval kepercayaan sebesar 95 persen. [rmol]