Dilihat Dari Segi Apapun, Giring Bukan Level Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Dilihat dari segi apapun, Giring Ganesha selaku Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dianggap bukan levelnya Anies Baswedan untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

"Saya kira Giring bukan level Anies, aplagi mau dihubungkan dengan Pilpres. Dari sisi apapun Giring tidak level dengan Anies," ujar Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (26/12/2021).

Dari sisi pengalaman misalnya kata Saiful, Giring belum pernah menduduki jabatan sebagai pejabat negara. Sedangkan Anies, pernah menjadi Menteri dan saat ini sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Selain dari sisi elektabilitas berdasarkan survei yang ada, Giring nampak berada pada posisi bawah, bahkan sering tidak diperhitungkan. Sedangkan Anies, seringkali berada pada posisi atas, bersanding dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Saya kira Giring harus berkiprah dulu ya, apakah sebagai DPR atau Kepala Daerah atau misalnya Menteri, baru bicara Capres. Mau dilihat dari segi apapun Giring masih dapat dinilai jauh dari Anies, ia masih harus membuktikan dan berproses di jabatan-jabatan publik," kata Saiful.

Analisa Saiful, jika tidak ada bukti apapun, maka elektabilitas PSI maupun Giring akan terus tergerus. Alasannya, PSI dan Giring hanya akan dinilai panjat sosial (Pansos) dengan cara selalu mengaitkan dengan Anies.[RMOL]
Baca juga :