Semburan Dusta (Firehose of Falsehood) Politikus PSI terhadap Anies Baswedan

Semburan Dusta (Firehose of Falsehood)

Akun twitter politikus PSI Guntur Romli menyebar hoax. Ia menuduh tim Anies mengerahkan buzzer untuk komentar positif di akun IG Anies Baswedan. Kami pastikan itu hoax. Tim Anies Baswedan tak pernah menggunakan buzzer. 

Kami tahu buzzer adalah hama demokrasi, yang merusak akal sehat. Bagaimana tidak, orang-orang dicocok hidungnya dengan iming-iming uang. Diminta menyerang lawan, disuruh memuji kandidat sendiri. Hilang akal sehat, hilang kebebasan berpikir, tergadai karena uang.

Bukti yang disodorkan Guntur Romli berupa pengumuman online, siapa yang posting positif di IG Anies akan dibayar Rp 1.000 sangat naif. Mana mungkin kerjaan nista begitu diumumkan kepada dunia? Kecuali memang sengaja dibuat oleh Guntur Romli sendiri atau orang lain, dengan maksud menjatuhkan kredibilitas Anies Baswedan. Bikin pengumuman online kayak gitu, siapapun bisa bikin.

Keberadaan buzzer sifatnya tersembunyi. Hanya bisa diungkap oleh investigasi serius. Seperti yang dilakuka oleh media Inggris the Guardian tentang tim buzzer Ahok ini. 

Kisah Tim Buzzer Ahok Hasil Investigasi Media Inggris

Fitnah yang dilakukan Guntur Romli itu bukan yang pertama. Dulu tahun 2019, ada yang menyebar hoax Anies bagi-bagi uang milyaran untuk bikin komunitas-komunitas Kagama demi mendulang suara dalam pemilihan Ketua Umum Kagama. Tujuan fitnah semacam ini apalagi kalau tanpa maksud mengganjal Anies maju jadi Ketua Umum Kagama. Fitnah di lingkungan Kagama ini akhirnya tak terbukti dengan sendirinya sebab Anies tak mau mencalonkan diri jadi Ketua Umum Kagama. Well mungkin saja si penebar fitnah merasa senang karena tujuannya tercapai. 

UGM Bantah Anies Baswedan Beri Sumbangan Miliaran Rupiah ke Kagama

Kini pola fitnah yang sama yang ditebar. Entahlah apa mungkin aktor intelektualnya orang yang sama juga. Bagaimana menurutmu?

(By Tatak Ujiyati)