Pesan Islam Menghadapi Krisis

Judul : Pesan Islam Menghadapi Krisis
Penulis : Anis Matta
Tebal : 312 halaman
Terbit : November 2021
Penerbit: Poestaka Rembug Kopi

Hampir dua tahun kita bergelut dengan pandemi. Pengetahuan dan pemahaman mengenai masalah ini mulai terkumpul. Dari sisi medis sudah lahir beberapa solusi, seperti vaksinasi dan protokol kesehatan. Kini waktunya kita melihat dalam cakrawala yang lebih luas bagaimana krisis akibat pandemi ini akan mengubah cara hidup kita ke depan dan bagaimana kita sebagai individu, bangsa, dan peradaban menghadapinya. 

Yang paling terpukul oleh krisis ini adalah mobilitas manusia, padahal ekonomi kapitalisme hidup dari pergerakan itu. Hampir semua sektor mengalami perlambatan karena menurunnya mobilitas, sebut saja yang paling kasatmata adalah sektor transportasi dan pariwisata. Dampak perlambatan di transportasi adalah menurunnya permintaan bahan bakar, terutama minyak. Menurunnya permintaan minyak dunia akan memukul negara-negara penghasil minyak yang selama ini menikmati devisa melimpah dari “emas hitam.” Dan seterusnya. Serta ada banyak skenario ke depan sesuai dengan sektor industri atau bidang kehidupan tertentu. Artinya, akan ada pergeseran besar dalam lanskap ekonomi dunia karena perilaku manusia yang berubah akibat pandemi. Dan itu berarti pula kita harus siap dengan realitas-realitas baru. 

Pada tingkatan individu, krisis ini telah memukul jiwa manusia. Ketakutan, kesedihan akibat kehilangan orang- orang yang dicintai, kecemasan terhadap ketidakpastian masa depan telah membuat mendung kelabu dalam kalbu kita. Harapan dan optimisme yang dibawa oleh pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi pada masa sebelum pandemi kini harus berhenti dalam sebuah tarikan rem mendadak. 

Pada dua perspektif inilah, perspektif sistem sosial dan psikologi manusia, Anis Matta mengajak pembaca untuk melihat kembali pesan-pesan Islam dalam menyikapi krisis. Pesan-pesan itu bisa berasal dari ayat-ayat Al-Qur‘an, hadis Rasulullah, sejarah, maupun pemikiran ulama sebelum kita. Dari sumber-sumber itu penulis berharap kita, masyarakat Indonesia, dapat bercermin dan mengambil pelajaran, serta mampu melangkah ke depan dengan pikiran dan hati yang lebih jernih. 

Mengelaborasi inspirasi dari Qur‘an dan hadis, dengan diperkaya bacaan-bacaan pemikir klasik dan kontemporer serta buah masa-masa perenungan diri, buku ini merupakan khazanah penting bagi mereka yang secara sadar memilih berpikir terbuka dan antusias berkolaborasi membangun Indonesia keluar dari krisis dan pasca-krisis. Selain revolusi mental dan peta jalan perubahan yang dihadirkan saat krisis mendera, ada gagasan-gagasan brilian dan menyegarkan lainnya dari Anis Matta. Lorong gelap yang panjang harus dilewati karena kita memang tak bisa menghindarinya. Akan tetapi, kita haruslah mencari cara supaya berhasil melaluinya. Gagasan-gagasan di buku ini tak lain “panduan” mengenal dan mempergunakan global positioning system (GPS) untuk keluar dari krisis.

*NB: Terbit resmi pada 10 November 2021, dapatkan buku dalam kemasan paperback ini dengan harga khusus bagi pembaca portal-islam.id Rp 78 ribu (banderol toko: Rp 90 ribu). Pemesanan lewat Saudara Didi di https://wa.me/6287845600001