BuzzeRp Pamer Ketololan Soal Sumur Resapan di Atas Trotoar, ini Penjelasan dan Manfaatnya Yang Terbukti Membuat Genangan Cepat Surut

[PORTAL-ISLAM.ID] Proyek sumur resapan Pemprov DKI Jakarta dikritik oleh segelintir netizen dan kalangan pembenci Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantaran dibangun di atas trotoar jalan. 

Di media sosial dan berbagai grup whatsapp, para BuzzeRp menyerang Anies dan Pemprov DKI atas hal itu. 

Bahkan bukan hanya para buzzeRp, dalam video yang beredar, seorang pengendara juga mempertanyakan cara air bisa masuk ke dalam sumur resapan yang letaknya lebih tinggi dari badan jalan.

"Gila, proyek bodoh dari Pemprov DKI Jakarta bikin sumur resapan di atas trotoar," tuding perekam video viral.

Ternyata, itu semua akibat ke kurang pengetahuan belaka dari orang-orang tersebut mengenai fakta yang sesungguhnya. 

Menanggapi serangan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akhirnya memberikan jawabannya. Ia menerangkan, sumur resapan yang dibangun di atas trotoar sudah dibangun di beberapa lokasi di Jakarta.

Adapun cara air hujan bisa masuk ke dalam sumur tersebut, dijelaskan oleh Riza, melalui tali-tali air dan masuk ke lubang saluran yang berada di pinggir badan jalan.

"Air akan masuk ke bak kontrol yang kotak, lalu air akan disaring sebelum masuk ke sumur resapan bulat," ujar Riza melalui akun Instagram miliknya @arizapatria pada Selasa, 9 November 2021.

Riza menjelaskan, sumur resapan dengan desain ini salah satunya sudah dibangun di kawasan Gandaria City, Jakarta Selatan. Keberadaan sumur resapan itu ternyata terbukti mampu membuat genangan yang timbul cepat surut.

Namun Riza tetap menyampaikan terima kasih untuk pihak yang kurang paham bahkan mengkritik sumur resapan itu. Ia menyampaikan petugasnya di lapangan akan terus bekerja membangun fasilitas tersebut. "Terima kasih untuk kekompakan seluruh warga dan petugas di lapangan," kata Riza.

*BERIKUT VIDEO: Manfaat sumur resapan. ITC Fatmawati Mei 2021 tergenang, setelah dibuat sumur resapan September 2021 tak lagi tergenang.

[Video]