Benar sekali nih Pak Ahok... Ehh Pak Anies, yang dihilangkan Kumuhnya bukan Kampungnya 👍

Setuju sekali nih Pak Anies, yang dihilangkan Kumuhnya bukan Kampungnya 👍

Untuk diketahui, 
Selama empat tahun kepemimpinannya, Anies telah meresmikan pembangunan tiga kampung yang dulu digusur oleh Ahok.

"Memastikan bahwa kelangsungan hidup terjaga, masa depan anak-anaknya tetap bisa diamankan. Itulah sebabnya proses pembangunan kampung-kampung yang semula warganya tergusur kita lakukan di beberapa waktu ini bahwa Jakarta harus memberikan solusi perumahan bagi mereka," ungkap Anies.

Berikut rangkuman tentang pembangunan tiga kampung pada era kepemimpinan Anies yang dulunya digusur oleh Ahok.

1. Kampung Akuarium

Pada 17 Agustus 2021, Anies meresmikan Kampung Susun Akuarium di di bekas lokasi gusuran Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Anies menyebut pembangunan Kampung Susun Akuarium sebagai upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan rasa keadilan dalam bidang permukiman warga.

Menurut Anies, Kampung Susun Akuarium merupakan ikhtiar untuk melunasi janji kampanyenya yang juga janji kemerdekaan yang disepakati pendiri bangsa sekaligus mewujudkan sila kelima Pancasila.

"Pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan program strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal pningkatan kualitas kawasan permukiman dan masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi warga DKI Jakarta memenuhi rasa keadilan dalam bermukim..."

"...dan memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni, nyaman dan terjangkau. Sehingga, Jakarta tidak hanya maju kotanya, tapi juga bahagia warganya," kata Anies dalam sambutannya.

Kampung Susun Akuarium digusur pada 11 April 2016.

Kampung Akuarium diratakan dengan tanah. Namun, sejumlah warga memilih bertahan di atas puing-puing bangunan dan membangun tenda-tenda di sana.

Kini, korban penggusuran telah menempati 107 unit yang berada di dua blok bangunan di Kampung Akuarium yang dibangun Anies.

2. Kampung Susun Cakung

Anies juga meresmikan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di RW 05 Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Kampung susun itu dibangun di tanah seluas 4.000 meter persegi yang terletak di lahan HPL Nomor 4 Kelurahan Jatinegara.

Lahan itu sebelumnya ditempati oleh beberapa pedagang dan petani kangkung.

Kampung Susun Cakung itu nantinya akan ditempati 75 keluarga dari Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan yang digusur pada 2016 silam.

"Sebuah janji, alhamdulillah hari ini mulai kita lunasi dan tunaikan sebaik-baiknya. Kita semua bersyukur, persis lima tahun satu bulan dari peristiwa akhir September 2016," kata Anies, Kamis (7/10/2021).

3. Kampung Susun Kunir

Pembangunan Kampung Susun Kunir diresmikan pada Kamis (14/10/2021). Kampung Susun Kunir itu diperuntukkan bagi warga Pinangsia yang menjadi korban penggusuran.

"Kampung Susun Kunir adalah salah satu wujud komitmen dari kami untuk memastikan warga mendapatkan hunian yang layak ketika mereka rumahnya harus digusur untuk kepentingan publik," kata Anies.

Anies berjanji Kampung Susun Kunir akan menjadi tempat tinggal layak seperti Kampung Susun Akuarium.

Nantinya, Kampung Susun Kunir akan ditempati 33 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban penggusuran.

"Bukan sekedar mengeksekusi rencana pemerintah, tapi memastikan bahwa warga bisa hidup layak. Karena bila kita mengalami hal yang sama, pasti kita ingin pemerintah mengurusi warganya dengan baik," ujar Anies.

GOODBENER 👍

MAJU KOTANYA, BAHAGIA WARGANYA, KEJANG-KEJANG HATERSNYA 😂

Baca juga :