Intelijen Turki Tangkap Pemimpin ISIS

[PORTAL-ISLAM.ID] Intelijen Turki membantu Irak menangkap seorang pemimpin senior teroris Daesh/ISIS yang bersembunyi di barat laut Suriah, kata tiga sumber keamanan, Selasa.

Pemimpin senior teroris Daesh/ISIS ditangkap dalam sebuah operasi yang menunjukkan kerjasama lebih erat melawan sisa-sisa kelompok teroris.

Pada hari Senin, Irak mengumumkan bahwa pasukan keamanannya telah menangkap Sami Jasim, seorang warga negara Irak, dalam apa yang digambarkannya sebagai “operasi khusus di luar perbatasan.” Mereka tidak memberikan rincian tentang kapan atau di mana dia ditangkap.

Jasim adalah salah satu pemimpin ISIS paling senior yang ditangkap hidup-hidup. Dia adalah wakil pendiri ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, yang terbunuh dalam serangan AS pada 2019 di barat laut Suriah, dan pembantu dekat pemimpinnya saat ini Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi, kata pemerintah Irak.

Intelijen Turki juga memainkan peran kunci dalam kematian al-Baghdadi dengan menahan dan mengekstradisi salah satu pembantunya ke Irak. Pembantu itu memberikan informasi penting kepada pihak berwenang AS untuk menemukan al-Baghdadi.

Turki juga menangkap istri al-Baghdadi di Suriah, dan kakak perempuannya di barat laut Suriah. Ankara menyebut penangkapan itu sebagai “tambang emas” intelijen.

(Sumber: Daily Sabah)