China mengusulkan keterlibatan 4 arah dengan Afghanistan

Body
[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri Luar Negeri Wang Yi mendesak G20 untuk menghormati kedaulatan, kemerdekaan Afghanistan sambil fokus pada bantuan kemanusiaan

China mengatakan pada Selasa (12/10/2021) bahwa Afghanistan berada di "persimpangan jalan" di mana "tantangan dan peluang hidup berdampingan."

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengusulkan keterlibatan empat arah dengan negara yang dilanda perang selama pertemuan para pemimpin G20.

Wang mendesak membantu mata pencaharian warga Afghanistan dengan dukungan kemanusiaan untuk mengatasi kesulitan, termasuk kekurangan makanan, pandemi virus corona dan kurangnya pasokan medis sambil menekankan penghormatan terhadap kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas teritorial Afghanistan.

Beijing telah mengumumkan bantuan kemanusiaan senilai $31 juta kepada pemerintah Taliban mengingat bencana kemanusiaan yang mengancam seperti yang diperingatkan oleh PBB, menurut sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri China.

Wang menyerukan “jalan pembangunan yang terbuka dan inklusif” di Afghanistan. “Masyarakat internasional harus melanjutkan dari perspektif rasional dan pragmatis, terlibat dalam dialog dan kontak dengan semua pihak di Afghanistan, mendukung rakyat Afghanistan untuk secara mandiri memilih jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasional mereka,” katanya.

Dia mendorong lebih banyak dukungan keuangan untuk mengurangi kemiskinan dan proyek infrastruktur dan mengatakan "sanksi sepihak terhadap Afghanistan harus dicabut sesegera mungkin."

AS telah membekukan hampir $ 9 miliar cadangan Afghanistan sejak Taliban mendapatkan kembali kekuasaan di Kabul pada Agustus setelah keluarnya pasukan asing.

Wang mengatakan harus ada "sikap tanpa toleransi" untuk memastikan Afghanistan menjauh dari terorisme.

"Hal ini diperlukan untuk mendorong pihak-pihak terkait di Afghanistan untuk membuat keputusan awal dan mengambil tindakan nyata untuk memberantas kanker terorisme," katanya, mendesak diakhirinya "standar ganda dan upaya anti-terorisme selektif."

Diplomat top China mengatakan masyarakat internasional harus membangun "konsensus dan mempromosikan pembentukan sinergi di antara berbagai mekanisme terkait Afghanistan."

“Penting untuk mempertahankan status PBB sebagai saluran utama untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas dan bantuan kemanusiaan di Afghanistan,” katanya.

“G20 harus mendasarkan dirinya pada posisi Forum Kerjasama Ekonomi Internasional, dengan fokus pada pengumpulan kebijaksanaan dan mempromosikan kerja sama dari perspektif ekonomi bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi damai,” tambahnya.

KTT G20 digelar di Roma Italia untuk membahas situasi di Afghanistan. Wang berbicara dalam pertemuan itu atas nama Presiden China Xi Jinping sebagai Perwakilan Khususnya.

(Sumber: Anadolu)
Baca juga :