Patut Dibanggakan! Baru Kali Ini Seorang Gubernur Bisa Membangun Stadion Bertaraf Internasional

PATUT DIBANGGAKAN

Baru kali ini Seorang Gubernur (bukan Presiden loh) bisa membanggun Stadion bertarap internasional yang akan menjadi stadion termegah dan menjadi Ikon Indonesia dimata dunia, stadion itu bernama: JIS (Jakarta International Stadium).

Yang lain sibuk deklarasi & citra diri

***

DULU Jokowi menjanjikan akan membangun Stadion Jakarta selesai Tahun 2015.

Mimpi Persija Jakarta untuk memiliki stadion pribadi akan segera terealisasi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mulai membangun stadion bagi klub sepak bola kebanggaan Jakarta ini tahun 2013. 

"Tahun depan persiapan. Pokoknya mulai bangun tahun depanlah. Targetnya rampung dua tahun," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (26/11/2012).


Ternyata hanya omdo... alias omong doang.

****

Anies Yang Realisasikan

Baru setelah Anies Baswedan jadi Gubernur DKI Jakarta, tidakn hanya stadion kelas lokal ala kadarnya, tapi Anies membangun stadion bertaraf internasional yang dinamakan Jakarta International Stadium (JIS).

Pembangunan JIS dimulai pada April 2019, dan hingga saat ini terus dikebut dan sudah mencapai 71 persen. 

Berdasarkan instruksi Anies, JIS akan diresmikan pada Desember 2021.

Kapasitas

Stadion ini akan menampung kurang lebih 82.000 penonton, dimana kapasitas ini lebih besar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat ini.

Fasilitas

Selain lebih besar dari SUGBK, stadion ini nantinya akan memiliki fasilitas lebih mewah dibanding SUGBK, fasilitas yang dimiliki Jakarta international Stadium akan dibuat modern dan mewah setara dengan stadion Old Trafford milik Manchester United dan stadion Santiago Bernabeu milik klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Fasilitas tersebut antara lain terdiri dari 3 tingkat tribun, adanya ruang khusus VIP, ruang ganti pemain yang modern dan mewah, ramah disabilitas disertai dengan kursi khusus disabilitas sebanyak 200 buah, lapangan latihan, rumput stadion berjenis hybrid turf, lahan parkir luas yang dapat menampung 800 mobil dan 100 bus, atap stadion yang dapat dibuka-tutup dan sudah menerapkan green building dimana nantinya stadion ini diharapkan dapat secara mandiri mengelola air dan listrik, serta stadion ini direncanakan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti MRT, LRT, KRL dan akses tol.

Di area pendukung sekitar stadion akan dijadikan ruang publik dan terdapat plasa untuk shalat, dan di timur stadion juga dibangun area komersial untuk nantinya dijadikan biaya perawatan stadion serta terdapat pula urban farming di sekitar stadion untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar stadion, terutama warga kampung bayam. 

Area stadion ini juga di harapkan akan menjadi pusat ekonomi baru diwilayah jakarta, khususnya jakarta utara. Selain itu akan dibangun juga wisata air di area danau sunter utara yang terdapat jogging track disekitar danau serta akan dibangun masjid terapung.