Mobil Nasional Vietnam Segera Masuk Indonesia, Anggota DPR: Esemka Tak Kunjung Ada Realisasi, Jokowi Mundur Sajalah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Anggota DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Refrizal mengaku terkejut dengan kabar kemunculan mobil nasional Vietnam di pasar otomotif Indonesia.

Lantas, Refrizal pun menagih sejumlah janji yang belum dipenuhi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun dua dari beberapa janji Presiden Jokowi tersebut ialah merealisasikan mobil Esemka sebagai mobil nasional Indonesia serta klaim simpanan uang pemerintah senilai Rp 11 ribu triliun di luar negeri.

“Banyak janji tidak dipenuhi (Presiden Jokowi). Esemka dan di kantongnya ada lebih dari Rp11 ribu triliun dll tidak ada realisasinya,” kata Refrizal seperti dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 3 September 2021.

Menurutnya, apabila kedua janji tersebut dipenuhi Presiden Jokowi, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali bangkit.

Terlepas dari itu semua, ia mendesak Jokowi untuk segera mundur dari jabatan presiden agar tidak terus menambah beban penderitaan rakyat Indonesia.

“Sekarang rakyat semakin kena dampak Covid-19. Saran saya mundur sajalah pak (Jokowi),” tegasnya sambil menyematkan tagar #PresidenGagalMundurlah.

Sebelumnya, mobil nasional Vietnam, VinFast telah memberikan tanda-tanda akan meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pendaftaran paten dari tiga mobil VinFast.

Mobil pertama ialah mobil SUV yang memiliki bodi mirip dengan mobil VinFast Lux SA 2.0 dengan basis dari BMW X5.

Mobil kedua ialah mobil sedan Lux A 2.0 dengan basis dari BMW 5 Series.

Terakhir, mobil listrik yang memiliki desain mirip dengan mobil VinFast e35.

Namun, sebelum ke Indonesia, mobil listrik ini mesti menjajal aspal Vietnam terlebih dahulu pada September 2021. [Democrazy/dtk]