Koh Steven, Mualaf Tionghoa yang Jual Semua Harta demi Tangani Corona, Kenapa Buzzer Bungkam?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Koh Steven ini Tionghoa sepenuhnya. Pengorbanannya melalui harta dan tindakan sejak awal pandemi Covid-19 membantu orang-orang yang terdampak hingga media Republika mengganjarnya dengan penghargaan Tokoh Perubahan 2020. 

Mengapa para buzzer tukang pelintir tidak ramai mengendorse dan memujinya macam yang bikin prank belakangan? 

Barangkali saudara-saudari, motif mereka bukan soal kebinekaan seperti yang digembar-gemborkan. 

Sebaliknya, agenda mereka menjijikkan: menjaga kita selalu terpecah karena dari polarisasi itu mereka cari uang jajan...!!!

Koh Steven, Mualaf yang Jual Semua Harta demi Tangani Corona

Seorang mualaf menjual hampir seluruh hartanya untuk membantu menangani dampak pandemi wabah corona atau Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia. Dia adalah Steven Indra Wibowo, pendiri sekaligus ketua Mualaf Center Indonesia.

Bagi Koh Steven, sapaan akrabnya, harta hanyalah titipan Allah SWT dan yang namanya titipan pasti akan kembali. Maka hanya ada dua, kembali dalam keadaan dipaksa karena suatu musibah dan sebagainya atau mengembalikannya dalam bentuk sedekah.

"Saya memilih mengembalikan ini dengan cara yang baik. Ini harta pinjaman dari Allah, saya cuma ingin balikin, momennya sekarang lagi bagus. Ya sudah aku balikin aja. Karena cepat atau lambat itu akan kembali, dan akan Allah minta pertanggungjawaban," kata dia kepada Republika.co.id.

Koh Steven menjelaskan, Rasulullah SAW pun pernah memperingatkan orang-orang, bahwa ada dua hal yang tidak disukai anak Adam. Pertama, kematian, padahal ini lebih baik daripada fitnah.

Kedua, adalah kefakiran atau kemiskinan. Padahal dengan sedikitnya harta, maka sedikit pula yang dihisab pada hari akhir nanti.

"Aku berpatokan pada hal itu saja, ya sudahlah ini balikin saja. Dulu waktu saya mualaf juga dibikin miskin kok. Dan Allah bisa bikin saya seperti sampai kemarin. Tidak akan sulit bagi Allah  mengembalikanku ke posisi kemarin. Yang penting kan tauhidnya kita, yakin Allah akan cukupin itu semua," ungkapnya.

Koh Steven telah menjual dua rumah, tujuh mobil, tiga motor gede alias moge miliknya. Harta yang tersisa kini tinggal satu rumah di Salatiga, yang masih menunggu pemilik barunya.

"Sisa satu rumah ini, yang lagi ditawarin, dan satu motor Beat yang saya pakai," ujarnya.

Dengan dana yang dia miliki, Koh Steven telah memproduksi 48 ribu pakaian hazmat untuk dibagikan secara gratis ke 4.781 fasilitas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Fasilitas kesehatan dimaksud meliputi rumah sakit umum daerah, rumah sakit swasta, hingga puskesmas.

"Sampai ke tempat pemakaman umum kita kirim hazmat juga, untuk mereka yang memakamkan korban meninggal. Dan yang boleh minta itu hanya fasilitas kesehatan dengan tenaga kesehatan yang resmi. Dokter dan perawat yang resmi," ujarnya.

Selain hazmat, Koh Steven terlebih dulu memproduksi masker. Total masker yang telah diproduksi dan dibagikan secara gratis sebanyak 150 ribu masker, 12 ribu di antaranya merupakan masker N95 yang tujuh lapis dan sisanya masker medis tiga lapis.

Total nilai uang yang telah Koh Steven gelontorkan untuk memproduksi APD berstandar WHO, memasang surgical gown pada APD, dan masker mencapai Rp 11,2 miliar. "Kalau sama mesin (beli impor untuk produksi) itu sekitar Rp 12,8 miliar," kata dia.

Tak hanya hazmat dan masker, Koh Steven juga membagikan gratis total 80 ribu liter hand sanitizer, ribuan paket sembako dan makanan siap saji. Hingga kini total paket sembako yang telah dibagikan sebanyak 120 ribu paket. Sedangkan total paket makanan siap santap yang dibagikan gratis ke seluruh Indonesia, 560 ribu paket.

"Di tiap wilayah aku menggerakkan warung makan lokal termasuk juga tempat fast food. Aku bagikan bukan hanya untuk Muslim saja, tetapi semua yang lapar kita kasih," jelasnya.

(Sumber: Republika)

Baca juga :