Eks Manager Metro TV Dilantik jadi Dirjen Kominfo

[PORTAL-ISLAM.ID] Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerald Plate melantik Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Pejabat Eselon I Kominfo) hari ini, Selasa, 10 Agustus 2021. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, negara dan pemerintah RI, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan oleh Usman dalam pelantikan yang disiarkan di akun Youtube Kementerian Kominfo.

Pelantikan Direktur Jenderal IKP Kominfo tertuang dalam Surat Keputusan Presiden No, 108/TPA/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Usman Kansong menggantikan Widodo Muktiyo, Dirjen IKP sebelumnya, yang kini menjadi Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa.

Rekam Jejak

Dilansir Tempo, sebelum menempati jabatannya saat ini, Usman lama dikenal sebagai seorang jurnalis. Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara ini malang melintang di berbagai media sejak lulus kuliah 1994.

Setamat kuliah, pria kelahiran Jakarta, 13 April 1970, ini bekerja di Harian Republika selama sekitar lima tahun, pada 1995-2000. Lalu sejak tahun 2000, ia bekerja di Metro TV hingga 2009 dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager.

Pada 2009, ia tercatat bekerja di Harian Media Indonesia. Posisi terakhirnya di Media Indonesia adalah direktur pemberitaan.

Usman juga merupakan Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-KH Ma’ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019 lalu.(*)