SALAH PAHAM SOAL VAKSIN

SALAH PAHAM SOAL VAKSIN

Ada yang bikin status: "Rerata di eropa yang vaksin sudah 65%, nyatanya masih aja ada yang kena covid."

Status ini mengesankan bahwa vaksin nggak ada gunanya.

Namun sesungguhnya kalau mau baca lebih luas, vaksin terbukti mengurangi angka kefatalan (kematian). 

Di Inggris yang sempat sangat tinggi dan muncul varian baru di sana, angka kematian sebelum dan sesudah vaksin beda jauh. 

Angka kematian turun drastis antara gelombag kedua (sebelum vaksin massif) dan gelombang ketiga (setelah vaksin massif). Lihat gambar atas, juga link berikut 

How the UK’s Covid-19 vaccine rollout has dramatically reduced deaths (Bagaimana vaksin Covid-19 di Inggris telah secara dramatis mengurangi kematian)


Kedua, status di atas sepertinya didasari pemahaman/espektasi yang tidak benar soal vaksin. Mungkin dikiranya setelah vaksin itu virus tidak bisa masuk. Jadi kalau virus masuk, dikiranya vaksin nggak manfaat. Untuk mencegah virus masuk ya prokes 3-5M.

Vaksin itu bukan pelindung mekanik, dia pelindung biokimia dalam tubuh. Ia memicu lahirnya antibody, ia bukan tameng yang menghalangi virus masuk saluran pernafasan anda.

Saya jelaskan dengan analogi sederhana, vaksin itu seperti helm. Apakah setelah pakai helm pasti tidak akan terjadi tabrakan? Helm itu mengurangi keparaham bila terjadi tabrakan.
Ayolah, pakai referensi yang lengkap, sahih dan logika saintifik yang baik.

(Alim)