GILA! Rp 1 Triliun Lebih BLT UMKM Bocor

Rp 1 Trilyun lebih BLT UMKM tahun 2020 salah sasaran. Silahkan perhatikan infografis dari detik.com ini. 

Yes. 1 Trilyun itu sih, kalau dibanding total BLT UMKM kecil, hanya 3-5%. Terlihat kecil persentasenya.

Tapi 1 Trilyun salah sasaran ini adalah cerminan semua hal di negeri ini. Dan ini baru angka yang ditemukan oleh BPK. Dan ini baru BLT UMKM. Apa kabar dengan bansos-bansos lain. Apa kabar Kartu Pra Kerja yang dipuji-puji selangit telah berhasil membuat jutaan orang dapat bekerja. Tuh lihat, pengangguran berkurang. Ambyar.

Sayangnya, semakin ke sini, semangat untuk saling mengingatkan, mengkritik, mengawasi semakin hancur lebur. Dimatikan oleh nge-fans dan tidak nge-fans. Taliban dan tidak taliban. BPK ini jangan terlalu kritis loh, besok-besok, semua pegawainya bisa 'dilitsus' lewat TWK. Lebay? Yes. 1-2 tahun lalu saya tidak pernah terpikirkan penyidik-penyidik KPK ditendangi. Fakta sekarang? 

Semoga di sana masih tersisa orang-orang yang benar-benar peduli dengan negara ini. Bukan cuma nge-fans dan tidak nge-fans. Karena bahkan yang dulu, yang kritis sekali dengan orde baru, hari ini bahkan sudah ikut golongan: 'boleh korupsi, asal sedikit'; 'yang penting pembangunan jalan, korupsi tidak masalah'. 

Sungguh ketahuilah, 1 Trilyun itu banyak. Itu bukan cuma angka, persentase, dll. Itu buanyak. 

(By Tere Liye)