Anies, Ganjar dan Ridwan Kamil Rajin di Medsos, Siapa Punya Follower Terbanyak?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Persaingan politik menuju 2024 kembali memanas, setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak diundang pada rapat konsolidasi yang digelar oleh partainya sendiri PDIP. Ironisnya, konsolidasi untuk Jawa Tengah yang dipimpin oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani itu digelar di Semarang.

Suhu politik memanas, karena Puan menyinggung soal pemimpin yang hanya tampil di medsos alias media sosial, tapi tak pernah turun ke lapangan. Sentilan ini dengan mudah dibaca publik, bahwa Puansedang mengarahkan tudingannya ke Ganjar yang aktif di berbagai kanal medos.

Ganjar memang selalu berada di puncak survei pilpres, posisinya kadang nomor satu atau kadang nomor tiga. Selalu di tiga besar.

Ganjar Pranowo bersama dua gubernur di Pulau Jawa, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil menduduki peringkat teratas calon presiden (capres) 2024 dalam survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia. Survei dilaksanakan pada 4-10 Maret 2021 dengan 1.200 responden berusia 17-21 tahun.

Berdasarkan hasil survei, urutan pertama adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang meraih 15,2 persen. Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak Oktober 2017. Anies bersama Sandiaga Uno memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 2017 dalam dua putaran. Sebelumnya, Anies menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Kabinet Kerja sejak tanggal 26 Oktober 2014.

Urutan kedua adalah Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah yang meraih 13,7 persen. Ganjar dipilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode kedua sejak 5 September 2018. Sebelumnya, ia adalah Gubernur Jawa Tengah periode pertama sejak 23 Agustus 2013 hingga 23 Agustus 2018.

Urutan ketiga adalah Ridwan Kamil Gubernur Jawa Tengah yang meraih 10,2 persen. Sebelum menjadi gubernur, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek merangkap dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung. Hingga akhirnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak 5 September 2018.

Ketiga capres ini sama-sama aktif dalam media sosial. Ini dibuktikan dengan jumlah pengikut di Instagram yang mencapai jutaan pengikut. Ganjar memiliki 3,4 juta pengikut di Instagram pribadinya @ganjar_pranowo. Anies sendiri memiliki 5 juta pengikut di Instagram pribadinya @aniesbaswedan. Sedangkan Kang Emil memiliki jumlah pengikut yang fantastis yaitu mencapai 13,8 juta pengikut pada Instagram pribadinya @ridwankamil.

Adapun untuk Twitter, Ganjar di akun @ganjarpranowo punya pengikut 1,9 juta, Anies Baswedan di @aniesbaswedan punya pengikut 4,2 juta dan Ridwan Kamil di akun @ridwankamil punya pengikut 4,4 juta.
Tidak hanya itu, ketiga gubernur yang digadang-gadang bakal maju capres ini, Ganjar, Anies dan Ridwan Kamil juga hobi bersepeda. Itu terbukti dalam unggahannya di sosial media yang menampilkan mereka saat sedang bersepeda. Tidak hanya bersepeda, berbagai jenis olahraga lain juga sering dilakukan para gubernur ini. Salah satunya adalah bermain bulu tangkis.