Langkah Nyata Dukung Palestina, Pemerintah Indonesia Harus Buka Konsul Kehormatan di Jalur Gaza

[PORTAL-ISLAM.ID]  Aliansi Organisasi Masyarakat Indonesia (AOMI) di Malaysia memberikan apresiasi dan mendukung sikap tegas Pemerintah Republik Indonesia yang konsisten mendukung Kemerdekaan Palestina. AOMI juga mengapresiasi pernyataan Menteri Luar Negeri RI pada Sidang Majelis Umum PBB di New York belum lama ini.

Menyikapi agresi dan kekerasan ‘‘Israel’’ terbaru terhadap Palestina yang dimulai awal Mei 2021, AOMI menyampaikan beberapa pernyataan sikap. Diantaranya meminta pemerintah Indonesia membuka Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Jalur Gaza.

“Mengusulkan ditunjuknya Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Jalur Gaza, Palestina sebagaimana yang telah ada di Ramalah Palestina sejak tahun 2016. Hal ini untuk memperkuat dukungan Indonesia kepada Palestina,” katanya dalam pernyataan yang dikirim ke redaksi, Senin (24/5/2021).

Dalam pernyataanya, Presidium AOMI mengutuk Israel atas sikap keji dan tidak berperikemanusiaan, kekerasan dan serangan bersenjata terhadap Palestina sehingga menimbulkan korban jiwa rakyat sipil serta rusaknya infrastruktur Palestina. “Kekerasan dan agresi Israel terhadap Palestina harus dihentikan karena melanggar hukum internasional dan hak asasi manusia.”

Lebih jauh, AOMI mendukung sepenuhnya atas segala daya dan upaya untuk mewujudkan berdirinya Negara Palestina yang merdeka, berdaulat penuh dan berdiri sejajar dengan negara-negara lain. AOMI merupakan gabungan dari 40 Organisasi Masyarakat Indonesia di Malaysia yang berdiri sejak tahun 2020. 

Baca juga :