Anies di Halal Bi Halal Alumni 212: Perjuangan Kemerdekaan Palestina Selalu Menjadi Agenda Utama

[PORTAL-ISLAM.ID]  Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) menggelar silaturahmi dan halalbihalal virtual melalui kanal YouTube FNN TV pada Sabtu (22/5/2021) malam. 

Dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan sambutan melalui video yang sudah direkam sebelumnya. 

Anies membahas mengenai tema acara tersebut yang bertajuk 'Jalin Silaturahmi Perkuat Ukhuwah untuk Kedamaian Bangsa'. 

Anies menyatakan, kedamaian di masyarakat harus terus diusahakan. Menurut Anies, kedamaian bukan dilihat dengan tidak adanya konflik, melainkan adanya rasa keadilan. 

"Saya sering garis bawahi bahwa kedamaian itu tidak ditandai dengan tiadanya konflik, kedamaian ditandai dengan hadirnya rasa keadilan. Karena itulah penting bagi kita semua untuk menggaris bawahi  bahwa hadirnya rasa keadilan menjadi prasyarat untuk bisa muncul perasaan damai, tenang, teduh bagi semua. Dengan ikhtiar seperti itu maka kita bisa menuju akar yang bisa menghadirkan kedamaian dalam artian sesungguhnya. Karena bukan sekadar tiadanya konflik, tiadanya kekerasan, tapi hadirnya rasa keadilan," jelas Anies. 

Anies menyebut, menciptakan keadilan merupakan perintah konstitusi (UUD 1945). Sehingga dengan adanya keadilan, bisa menciptakan kedamaian.

Anies juga menyinggung tentang kondisi Palestina saat ini yang mengalami cobaan yang tidak kecil.

Anies menyatakan, Indonesia memiliki peran untuk menciptakan ketertiban dunia, contohnya ketika memberi dukungan bagi Palestina mewujudkan kemerdekaan. 

"Insyaallah dalam suasana Syawal sambil kita mendoakan, memberikam support pada saudara-saudara kita di Palestina yang saat ini sedang mengalami cobaan yang tidak kecil. Dan Insyaallah perjuangan untuk menghadirkan kemerdekaan bagi bangsa Palestina selalu menjadi agenda utama dan selalu kita pertahankan," ungkapnya.

Simak selengkapnya video: