Reza Rahadian jadi Mualaf, Sang Ibu merestui: 'Jalani dan yakini itu dengan baik'

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Aktor Reza Rahadian menceritakan tentang perjalanannya menjadi mualaf. Sebelumnya, aktor Habibie & Ainun itu dibesarkan sang ibu dengan menganut agama Kristen. 

"Gue dibesarkan sebagai nasrani, dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gue di gereja waktu itu," ujar Reza Rahadian, dikutip dari channel YouTube Daniel Mananta, Senin (12/4/2021). 

Nilai-nilai Kristen sudah ada di dalam diri Reza. Tetapi, seiring bertambahnya usia, pria berdarah Iran-Maluku itu merasa panggilan hatinya adalah memeluk agama Islam.

Menurut Reza, perasaan itu bukan karena unsur pemaksaan dari lingkungan sekitar. Melainkan timbul dari keinginannya sendiri. 

"Gue bersyukur itu bukan karena alasan apapun. Bukan karena kerjaan, pasangan, paksaan dari orang sekitar, atau orang terdekat yang mungkin ngajak (masuk Islam), enggak sama sekali," tuturnya. 

Keinginan untuk berpindah keyakinan itu pun Reza sampaikan kepada sang ibunda, Pratiwi Widantini Matulessy. Tak disangka, respons sang ibunda kala itu ternyata membuat terenyuh. 

"Gue komunikasikan itu ke nyokap. 'Ma kayaknya kakak punya..' Belum selesai gue ngomong, nyokap bilang, 'Itu hak kamu untuk menentukan. Pesan mama cuma jalani dan yakini itu dengan baik'," ujar Reza. 

Sang ibu sangat mendukung keputusan Reza yang ingin pindah keyakinan. "Hanya itu, enggak ada perdebatan, engak ada pertengkaran," kata Reza lagi. [iNews]