Pak Prabowo, Tolonglah Bersuara! Bantu Habib Rizieq

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pakar hukum tata negara Refly Harun menilai bahwa Mantan Pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) diperlakukan sangat tidak adil.

“Banyak yang melanggar protokol kesehatan, tapi mengapa hanya HRS yang dipersoalkan. Itu masalahnya,” ujarnya dalam video di kanal YouTube Refly Harun, Senin (5/4/2021). 

Menurutnya HRS memiliki kesalahan yang tidak signifikan dengan hukuman dari pengadilan. 

“Apalagi kalau kita kaitkan dengan perilaku tindak pidana korupsi, pembunuhan, dan sebagainya,” ujarnya.

Refly mengatakan bahwa kesalahan yang dilakukan Habib Rizieq tak menimbulkan korban yang tangible dan terukur. 

“Kalau dikait-kaitkan, ya ada saja. Akan tetapi, kita susah mencari benang yang tidak maya dan benar ada sebab akibatnya,” katanya. 

Akademisi itu pun meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk turut bersuara terhadap ketidakadilan yang menimpa Habib Rizieq. Pasalnya, HRS merupakan pendukung Prabowo pada Pilpres 2019 lalu. 

“Prabowo Subianto harusnya memang memiliki kontribusi, paling tidak bersuara terhadap ketidakadilan yang menimpa para pendukungnya. Sementara dia sendiri menikmati jabatan,” ujar Refly Harun.

Menurut Refly, memang ada kemungkinan Prabowo akan menimbulkan masalah jika bersuara terkait kasus tersebut. Sebab, kini dia berstatus sebagai anak buah dan tak mudah baginya untuk melawan bos. 

“Sebagai menteri, tentu Prabowo harus taat kepada bosnya, yaitu Presiden Jokowi,” katanya.

SELENGKAPNYA SIMAK VIDEO REFLY HARUN...