Saran Tere Liye untuk Menteri Agama: "Bersih-bersih di Dalam Dulu.. Kementerian Agama itu Salah Satu Kementerian Paling Korup"

Bersih-bersih di dalam dulu

Kalian harus tahu, Kementerian Agama, adalah salah-satu dari top kementerian paling korup di negeri ini. Yes. Kamu mau tersinggung silahkan. Mau lapor polisi juga silahkan. 

Darimana kesimpulan ini? Mudah. Lihat berapa banyak PNS kementerian ini yang terlibat korupsi. Juga lihat, sudah dua Menteri Agama masuk penjara. Tuan Said Agil Husin Al Munawar, sama satu lagi, Tuan Suryadharma Ali. Dan lebih epic lagi, di Kementerian ini, istigfar, proyek pengadaan Al Qur'an pun dikorupsi. Wataw! Coba kalau hal ini didengar sama Umar Bin Khattab, apa coba reaksi beliau. 

Jadi, simpel saja, Tuan, Nyonya, kalian pejabat Kementerian Agama. Kalian tidak perlu lah rusuh, ribet, apalagi sok banyak sekali program. Mulai sajalah program kalian: membersihkan kementerianmu itu dari bibit2 dan prilaku korupsi. Nama kerennya: revolusi mental. Bersih2. Bangun sistem lebih baik, pengawasan, dll. Letakkan pejabat2 yg memiliki integritas tinggi. Dll, dsbgnya. Sambil dipastikan apakah anggaran sekarang aman atau tidak. Efektif atau tidak. Ada tikusnya atau tidak.

Seriusan, masalah toleransi, masalah sertifikasi tokoh agama, masalah celana cingkrang, dan berbagai jejak digital pernyataan kacau kalian nanti2 sajalah. Tenang, itu banyak yg akan ngurus dan bantu. Apalagi soal radikal dan teroris. Percayalah, mayoritas penduduk NKRI ini benci sekali dgn radikal dan teroris. Jangn hanya gara2 suka mengkritik utang negara, dianggap pula teroris, wah itu repot. 

Kalian cukup bercermin, ngaca gitu loh. Pastikan saja: tidak ada lagi PNS atau pejabat kementerian kalian yang korupsi. Paham? Dan tidak usah tersinggung, baperan baca beginian. Jadikan masukan. Saya saja, Tere Liye, tiap hari buanyak sekali yg maki2, bilang Tere Liye penulis bego, tidak laku, sy baik2 saja. Padahal orang2 ini bayar uang tidak. Apalagi kalian, yg jelas menerima gaji dari negara, mosok kagak mau dikritik.

(By Tere Liye)

*Bersih2 di dalam dulu Kalian harus tahu, Kementerian Agama, adalah salah-satu dari top kementerian paling korup di...

Dikirim oleh Tere Liye pada Senin, 05 April 2021