Gatot Nurmantyo Sangat Optimis Dengan Vaksin Nusantara

[PORTAL-ISLAM.ID]  Vaksin Nusantara sedang menjadi perhatian, ditolak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tapi kok anggota DPR Komisi IX dan sejumlah tokoh malah dukung pengembangan vaksin yang dipopulerkan Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Putranto. Gatot Nurmantyo yakin Vaksin Nusantara lho.

Sejumlah tokoh yang siap diambil sampel darahnya untuk pengembangan Vaksin Nusantara yaitu Aburizal Bakrie, Sudi Silalahi sampai mantan Panglima TNI Gatot Nurmatyo.

Ketiganya turut menyumbangkan darahnya untuk diproses menjadi Vaksin Nusantara oleh tim peneliti di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu 14 April 2021. Nah ke apa alasan Gatott Nurmantyo mau dukung Vaksin Nusantara sih?

Gatot Nurmantyo Vaksin Nusantara

Gatott datang bersama sejumlah anggota DPR lainnya ke RSPAD pada Rabu 14 April 2021, di sana mereka bertemu dengan penggagas Vaksin Nusantara, Terawan Agus Putranto.

Gatot bangga vaksin buatan Letnan Jenderal TNI itu lantaran ini menunjukkan anak bangsa bisa membuat vaksin. Gatot juga yakin Vaksin Nusantara akan berhasil dan digunakan oleh banyak negara di dunia, meski di dalam negeri menuai kontroversi.

“Ini karena saya sangat bangga dan mencintai hasil karya putra Indonesia yang terbaik, mudah-mudahan ini yang terbaik, dan ingat kata-kata saya, dua tahun yang akan datang seluruh dunia pasti menggunakan cara seperti ini, mudah-mudahan benar,” kata Gatot dikutip dari Suara.com.

Dia menegaskan, keyakinannya terhadap vaksin nusantara karena vaksin itu buatan sesama TNI sehingga pantas dipercaya.

“Saya ini lahir di sini, makan di sini, minum di sini, diberi ilmu di sini, dan dididik sebagai seorang prajurit di bumi pertiwi, kemudian ada hasil karya putra Indonesia yang terbaik, kemudian uji klinik, kenapa tidak saya, apapun saya lakukan untuk bangsa dan negara ini,” tegasnya.

Gatot mengungkapkan hari ini hanya pengambilan darah yang akan diproses oleh tim peneliti, lalu 7 hari kemudian kembali ke RSPAD untuk disuntikkan kembali ke tubuh penerima vaksin.

BPOM masih tolak Vaksin Nusantara

Sejumlah anggota dari Komisi IX DPR RI dan pejabat mulai menjadi relawan Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu 14 April 2021.

Sementara, BPOM menegaskan Vaksin Nusantara belum memenuhi Cara Pengolahan Yang Baik (Good Manufacturing Practices/GMP), Praktik Laboratorium yang Baik (Good Laboratory Practice/GLP), dan konsepnya belum jelas; terapi atau vaksin. Oleh sebab itu, BPOM meminta tim peneliti untuk menghentikan sementara proses pengembangan vaksin dan kembali ke fase pra-klinik dengan melengkapi prosedur saintifik yang baik dan benar.[hops]
Baca juga :