Rahasia 'Panjang Umur' dan Produktifitas Syaikh Muhammad Ali ash Shobuni

Rahasia 'Panjang Umur' dan Produktifitas Syaikh Muhammad Ali ash Shobuni

Wafat dalam usia 91 tahun merupakan keberkahan tersendiri bagi syaikh Muhammad Ali Ash Shobuni. Umur yang terbentang  panjang membuatnya mampu menyelesaikan banyak karya berkelas. Lebih dari 50 karya tulis telah dirampungkannya. Termasuk karyanya yang monumental yaitu kitab tafsir Shofwatu Tafaasir dan al Mawarits fis Syaria'ah al Islamiyyah, yang menjadi referensi sekaligus bahan ajar di berbagai pesantren dan perguruan tinggi di Indonesia.

Adalah putranya yang bernama Anas pernah menceritakan, bahwa setelah sekian lama membersamai ayahnya, ia mendapati suatu kebiasaan unik yang dilakukan oleh 'waalid' kebanggaannya itu. Kebiasaan itu adalah setiap kali ayahnya memulai untuk menulis sesuatu, ia tidak segera langsung menuntaskannya, akan tetapi ia malah memulai untuk menulis sesuatu yang lain. 

Merasa heran dan takjub dengan apa yang diperbuat ayahnya, ia memberanikan diri bertanya kepada ayahnya, "Wahai ayahku,  kenapa engkau memulai tulisan yang baru, sedangkan tulisan sebelumnya belum engkau tuntaskan?"

Sang ayahpun tersenyum lalu tertawa. Ia jawab pertanyaan anaknya, "Wahai anakku, ini adalah rahasia antara aku dengan Rabku".

Sang anakpun semakin penasaran, "Wahai ayahku, sampaikanlah kepadaku, apa rahasia itu?"

Akhirnya sang ayahpun menceritakan perihal rahasianya itu kepada anaknya, "Yaa waladii, aku senantiasa berdoa kepada Allah agar Ia tidak mengambil amanah yang ada dipundakku sebelum aku menyelesaikannya. Dan seluruh karya tulis ini adalah amanahku. Aku berharap agar Allah senantiasa mengulurkan dan memanjangkan umurku sampai aku mampu menyelesaikan semuanya".

رحم الله شيخنا وأسكنه فسيح جنته

Mari terus semangat untuk berkarya. Jangan pernah lari dari memikul amanah. Siapa tahu itu yang menjadikan Allah Ta'ala ridha, sehingga Ia biarkan jantung kita terus-menerus berdetak, paru paru kita terus  berfungsi, dan senantiasa memberkahi setiap deret waktu yang kita lalui sepanjang hidup ini.

عن أبي صفوان عبد الله بن بُسر الأسلمي رضي الله عنهما قال: قال رسول الله  ﷺ: خير الناس من طال عمره، وحسن عمله. (رواه الترمذي)

Dari Abu Shofwan Abdullah bin Busr al Aslami ra: Rasulullah Shallallahu 'alai wa sallam bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya." (HR. Tirmidzi)

-Irwan Wahyudi-