Prof. Salim Said pun sudah takut mengkritik Penguasa, Mau dibawa ke mana negeri ini???

[PORTAL-ISLAM.ID]  Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan (Unhan), Prof Salim Said, mengaku takut untuk mengkritik lantaran menilai sistem yang saat ini berjalan di Indonesia adalah oligarki. 

Sistem ini maknanya pemerintahan/kekuasaan dikendalikan dan berpusat pada sekelompok orang untuk kepentingannya sendiri.

Hal ini disampaikan Salim Said dalam dialog bersama Hersubeno Arief di kanal Youtube Hersubeno Point/FNN.

“Persoalannya adalah struktur politik kita sekarang ini apakah memungkinkan seorang seperti Pak Jokowi itu selalu berbuat baik? Sebab yang menjadi persoalan di negeri ini adalah Siapa yang sebenarnya Berkuasa? Sistim yang kita jalankan sekarang, sengaja atau tidak, adalah oligarki. Kalau oligarki itu pertanyaannya adalah siapa yang berkuasa? Apa betul Pak Jokowi berkuasa penuh? Atau berkuasa sebagian? Sebagian lagi siapa yang berkuasa? Sebab pertanyaan ini jawabannya penting,” ujar Salim Said.

Kekuasaan yang dipegang Oligarki ini membuat orang takut mengkritik penguasa.

"Seperti yang dialami Kwik Kian Gie. Saya juga menahan diri berbicara karena takut. Sebab, saya nanti mengkritik Pak Jokowi, dan beliau mengajak rakyat mengkritik, tapi ada orang lain dari kalangan Oligarki itu yang merasa dirugikan maka dia bisa bertindak mempersulit kita," kata Salim Said.

SELENGKAPNYA VIDEO: