Sengit! Klaim Acara Pernikahan Putri Habib Rizieq Dijaga Aparat, Polisi ke Saksi: Lihat Suratnya?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Abdul Qodir, saksi fakta yang dihadirkan kubu Habib Rizieq Shihab mengaku melihat aparat gabungan berada di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat saat acara Maulid Nabi dan acara pernikahan Syarifah Najwa Shihab. Aparat gabungan itu terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Hal itu dia ungkapkan saat bersaksi di sidang lanjutan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2021). Abdul menyatakan, jika aparat gabungan itu memberikan pengamanan saat acara berlangsung.

"Iya, ada polisi, Dishub, TNI, Satpol PP," kata Qadir di ruang sidang utama.

Tim kuasa hukum Habib Rizieq pun merespons dan memberikan pertanyaan terkait jumlah personel yang berjaga saat itu. Namun, Qodir tidak menjawab secara detail dan hanya menyebut sekitar 200 personel yang berjaga.

"Itu berapa banyak polisi yang hadir?" tanya kuasa hukum Habib Rizieq, Alamsyah Hanafiah.

"Kalau gabungan 200-an ada, mungkin lebih, kan di situ ada markas Brimob juga," beber Abdul.

Abdul melanjutkan, aparat gabungan itu justru memberikan pengamanan. Misalnya, mengatur lalu lintas di sekitar lokasi hingga mengingatkan protokol kesehatan Covid-19 kepada massa yang hadir.

"Mereka jaga acara, mereka mengatur lalu lintas juga. Tidak ada, semuanya mengamankan, Satpol PP pakai toa mengingatkan jaga jarak. Yang saya dengar selalu jaga jarak, pakai masker," kata Abdul.

Merespons hal itu, tim kuasa hukum Polda metro Jaya melayangkan sejumlah pertanyaan pada Abdul. Mereka memastikan dasar pernyataan Abdul soal pengamanan yang diberikan oleh kepolisian saat acara berlangsung.

"Dari mana saksi tahu itu mengamankan? Apakah saksi melihat surat tugas pengamanan, apa hanya penglihatan saksi saja?" cecar tim hukum Polda Metro Jaya.

Abdul pun menjawab jika dia tidak mungkin bertanya pada kepolisian soal surat tugas yang dimaksud. Pernyataan itu dia utarakan merujuk pada penglihatan di lokasi.

"Kalau untuk surat tugas tidak mungkin saya tanya, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri jelas memakai atribut polisi, Satpol PP, sebagian ada yang bawa tulisan," kata Abdul.

"Hanya pandangan saja sehingga mengatakan pengamanan? Itu yang kami tanyakan kok saksi mengetahui mengamankan?" lanjut tim kuasa hukum Polda Metro Jaya.

"Kan saya melihat," tutup Abdul. 

Seperti diketahui, gara-gara acara pernikahan putri Habib Rizieq ini, Habib Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kerumunan dan penghasutan.

(Sumber: Suara)

***

Simak video paparan Kuasa Hukum HRS terkait kesaksian hari ini tentang adanya polisi TNI di acara..

[Video]
Baca juga :