MAKJLEB! Anies Bandingkan Penanganan Pemprov DKI Terhadap Acara Habib Rizieq dengan Penyelenggaraan Pilkada

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan pihaknya telah proaktif melakukan tindakan saat mengetahui akan ada kegiatan berpotensi menimbulkan kerumunan pada acara yang digelar Habib Rizieq Syihab. Anies membandingkan dengan penanganan pilkada serentak 2020.

"Anda boleh cek wilayah mana di Indonesia yang melakukan pengiriman surat mengingatkan secara proaktif bila terjadi potensi pengumpulan. Maka pelanggaran itu ditindak sesegera mungkin. Dalam waktu kurang 24 jam Pemprov DKI menegakkan aturan. Artinya yang melanggar ya harus ditindak. Itu yang kita lakukan, kita bisa saksikan di berbagai tempat ada aktivitas-aktivitas kerumunan, apakah dilakukan tindakan? Jakarta memilih melakukan tindakan," kata Anies Baswedan di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (16/11/2020).

Tindakan proaktif dibuktikan dengan surat Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara kepada Habib Rizieq dan panitia Maulid Nabi Muhammad SAW sebelum digelarnya acara.

"Jadi kalau kemarin, Wali Kota Jakarta Pusat mengirimkan surat mengingatkan bahwa ada ketentuan yang harus ditaati dalam kegiatan-kegiatan, dan ini dilakukan oleh Jakarta," jelas Anies.

[Video]