ADA APA DENGAN DUNIA ARAB & PALESTINA KINI?

ADA APA DENGAN DUNIA ARAB & PALESTINA KINI?

1. UEA, Bahrain, dan Sudan sudah menjalin normalisasi dengan Israel, si penjajah Palestina. Normalisasi dengan segala bentuk kerjasama dan pergerakan hubungan antar negara. Normalisasi berarti mengakui Israel sebagai sebuah negara.

2. Oman, juga menunjukkan gelagat serupa.

3. Saudi telah memenjarakan 70 tokoh Palestina (dan tokoh Yordania yang perhatian Palestina) yang sudah bertahun-tahun tinggal di Saudi.

4. Deal Of Century tertolak di Palestina, tapi secara de facto Israel merealisasikannya tanpa ada perlawanan yg berarti, baik dari dalam Palestina maupun kawasan Arab.

5. Saudi telah merealisasikan kawasan udaranya untuk lintasan pesawat Israel.

6. Saudi menjadi sponsor bersama Mesir, Bahrain, dan UEA malakukan boikot keras kepada Qatar yg konsisten memberi support ke Palestina. Putus hubungan diplomatik, putus hubungan darat, laut, dan udara. Putus semua hubungan transaksi. Bahkan untuk ibadah haji pun, tiada hubungan.

7. Tentara Mesir dengan sadis membunuh nelayan Palestina yang melaut tanpa GPS melintasi batas negara Mesir.

8. Secara signifikan, bantuan finansial negara yang melakukan normalisasi dan boikot ke Qatar, menurunkan suport bantuan finansial ke Palestina.

9. Tentara Israel semakin keras penganiayaannya kepada warga Palestina dalam merealisasikan Deal of Century, setelah adanya Normalisasi dengan beberapa negara Arab, tanpa ada satu pihak pun (dari negara kawasan) yang menentangnya.

10. Israel semakin menggencarkan penangkapan tokoh Palestina dengan memenjarakan secara administratif (tanpa putusan hukum apapun), dengan lama waktu pemenjaraan 6 bulan yang bisa diperpanjang berkali-kali tanpa ada alasan apapun.

(Tri Harjono)