Di Antara Penyebab Orang Memilih Jalan Kesesatan: PENGECUT


Di Antara Penyebab Orang Sesat

Bila kita tadabburi ayat-ayat al Qur'an kita akan temukan berbagai macam hal yang menyebabkan orang memilih jalan kesesatan dari pada jalan kebenaran.

Ada yang disebabkan oleh kesombongan, seperti Fir'aun, Haman dan Qarun. Ada yang disebabkan oleh kedengkian, seperti bangsa Yahudi. Ada karena kebodohan dan keragu-raguan, seperti kebanyakan manusia.

Selain itu, ada penyebab khusus yang ingin kita bicarakan pada kali ini. Yaitu disebabkan oleh "kepengecutan".

Orang jenis ini tidak mau menerima kebenaran karena ingin mencari aman, takut menanggung resiko, dan takut dikucilkan. Mereka bukanlah orang-orang bodoh yang tidak bisa berfikir dalam dan miskin ilmu. Bahkan mereka boleh jadi dari kalangan orang berilmu dan intelektual.

Akan tetapi ketakutannya terhadap hilangnya posisi dan kedudukan, lenyapnya sumber rezeki, apalagi sampai ada ancaman penangkapan, penjara bahkan pembunuhan membuat mereka lebih memilih jalan aman sekalipun itu bertentangan dengan nurani dan bisikan hatinya yang suci.

Lebih menjijikkannya orang seperti ini, mereka tetap mengaku dan berpakaian Islam, tapi sikapnya lebih cendrung kepada orang kafir. Sangat pedas lidahnya kepada saudara sesama muslim, bukan main ramah dan santunnya kepada non muslim. Dia bahagia melihat keunggulan pada non muslim, dadanya mendidih ketika menyaksikan saudaranya seiman mengalami kemajuan.

Orang-orang seperti ini akan menjadi pengumpat sesama mereka di akhirat walau di dunia kelihatan kalem dan bijak.

اللهم إنا نعوذبك من الجبن والبخل

"Ya Allah, kami berlindung kepadaMu dari sikap pengecut dan sifat bakhil."

(Oleh: Ustadz Dr. Zulfi Akmal)

loading...