Dampak Negatif Minum Sambil Berdiri dalam Pandangan Kesehatan


Dampak Negatif Minum Sambil Berdiri dalam Pandangan Kesehatan

Oleh: Dr. Zuhdy

Jangan lagi lakukan hal ini setelah Anda mengetahui dampak negatif minum sambil berdiri bagi kondisi kesehatan tubuh. Islam sudah melarang umatnya untuk minum seraya berdiri, apalagi berjalan dan berlari. Secara langsung perut akan terasa seperti dikocok-kocok dan air minum rentan keluar.

Sayangnya, bagi beberapa orang posisi minum sambil berdiri justru sering sekali dilakukan karena dianggap lebih efisien. Misal, orang-orang yang mobilitasnya tinggi dan membutuhkan pergerakan cepat untuk bekerja. Secara tidak sadar barangkali posisi minum berdiri lebih sering dilakukan.

Padahal tidak ada yang tidak mungkin jika membiasakan diri untuk minum sambil duduk, maka hal tersebut tidak akan terasa berat. Yang menjadi berat dan orang akan terus berpotensi mendapatkan dampak negatif minum sambil berdiri adalah tidak mendisiplinkan tubuh untuk kontinyu melakukan hal itu.

Secara logika, jika kebiasaan minum sambil berdiri saja berpotensi buruk bagi kesehatan, maka ketika Anda membiasakan tubuh makan sambil berdiri, efeknya juga sama. Selain karena alasan kesehatan, makan dan minum sambil berdiri juga bisa membuat makanan terbuang dengan tidak sengaja.

Demi menjauhkan diri dari dampak negatif, Anda harus tegas terhadap kebiasaan minum sambil duduk. Pasalnya jika malas minum, tubuh akan beresiko terserang dehidrasi yang membuat kulit kering dan tubuh mudah merasa lemas serta tidak bisa menjalani hari dengan baik.

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Bukan tanpa alasan jika Islam melarang orang minum sambil berdiri. Tidak lain karena banyak dampak negatif minum sambil berdiri yang akan diperoleh tubuh, seperti:

1. Buruk bagi Ginjal

Air dan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan lebih dulu disaring di ginjal. Proses penyaringan tersebut bisa dilakukan dengan baik, asalkan minum sambil duduk. JIka minum sambil berdiri maka penyaringan ginjal akan sulit dilakukan yang berakibat kepada penumpukan kotoran di empedu.

2. Buruk bagi Sendi

Minum banyak air putih seharusnya bisa melumaskan sendi, namun tidak demikian jika Anda minum sambil berdiri. Secara garis besar, sendi yang berfungsi untuk menggerakan tulang-tulang tidak akan bekerja dengan optimal karena adanya penyaluran air yang tidak semestinya.

3. Kadar Asam Terganggu

Ketika minum air putih seharusnya kadar asam dalam tubuh bisa diencerkan dengan baik. Sayangnya, distribusi air minum pada tubuh sambil berdiri tidak akan berjalan dengan baik sehingga asam yang seharusnya menjadi encer justru tidak akan seperti itu.

Dengan mengetahui berbagai dampak negatif minum sambil berdiri di atas, masih ragu untuk membiasakan diri minum sambil duduk?

Pandangan Medis Menyikapi Cara Minum

Bukan tanpa sebab jika Islam melarang suatu hal untuk dilaksanakan. Seperti contohnya larangan minum sambil berdiri, sebab tidak lain ada efek buruk di baliknya. Dampak negatif tidak hanya dapat dibuktikan secara agama, namun juga sangat jelas dalam pandangan medis.

Dokter Nadia Octavia menerangkan bahwa air yang masuk ke tubuh akan difilter dan disalurkan ke berbagai organ. Pintu masuk ke organ-organ tersebut hanya akan terbuka jika posisi tubuh sedang duduk. Sementara saat manusia berdiri maka pintu masuk tersebut otomatis tertutup.

Bukan hal sembarangan, dampak negatif minum sambil berdiri, ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Seharusnya ginjal berperan untuk memfilter racun, namun hal tersebut tidak terjadi ketika Anda makan serta minum sambil berdiri. Itu mengapa risiko sakit ginjal sangat tinggi.

Bahayanya ketika ginjal sudah rusak, berbagai makanan dan minuman yang masuk ke tubuh akan mudah meracuni kesehatan. Hal paling menakutkan ketika ginjal sudah rusak adalah terjadinya kematian secara mendadak tanda bahaya lainnya seseorang tersebut rentan pingsan dadakan.

Pernahkah Anda minum sambil berdiri dan merasa nyeri di pinggang bagian kanan atau kiri? bisa jadi itu salah satu tanda ginjal tidak berfungsi dengan baik. Di samping itu, makan dan minum sambil berdiri juga memiliki dampak negatif untuk memperparah kadar asam dalam lambung.

Masih mau membiasakan diri makan dan minum sambil berdiri? jangan ya. Bukan hanya tidak sopan, namun dampak negatif minum sambil berdiri juga amat tidak baik bagi kesehatan tubuh.[]

___
*Penulis:
Dr. Zuhdy, dokter medis di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain mengabdi di pusat kesehatan masyarakat juga aktif berbagi informasi kesehatan mealui blog pribadi DrZuhdy.com dan Omeprazole.