Manfaat Bangun Subuh untuk Kesehatan Jiwa dan Raga Secara Medis


Manfaat Bangun Subuh untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Oleh: dr. Amrizal Zuhdy

Umat Islam seharusnya mendapatkan manfaat bangun subuh untuk kesehatan, namun sayangnya masih ada segelintir yang belum bisa mendapatkannya karena kerap terlambat bangun subuh. Padahal, jika ditelisik lebih jauh, bangun subuh bukan hanya memiliki manfaat untuk raga, tapi juga jiwa.

Upaya bangun subuh tidak hanya dilakukan oleh Muslim, namun juga oleh orang-orang di luar Muslim. Faktor penyebabnya bisa beragam, bisa karena pekerjaan rumah tangga bagi ibu-ibu atau ada janji berolahraga pagi. Sayangnya, beberapa alasan tidak cukup kuat untuk membuat orang bangun subuh.

Tak sedikit kenyataannya orang-orang yang sudah niat bangun subuh dengan cara mengatur alarm, namun pada akhirnya terlambat bangun karena tidak sadar berulang kali mematikan alarm. Alhasil, ketika bangun, badan menjadi tidak lagi segar dan pikiran langsung dilanda kecemasan.

Akhirnya menyebabkan stress karena kecewa terhadap diri sendiri yang ingkar janji pada keinginan sendiri. Meskipun hal tersebut mengecewakan diri sendiri, tak jarang orang yang melakukannya berkali-kali. Memang sangat sulit menghalau godaan untuk mau dan bisa bangun pada subuh hari.

Padahal ada segudang manfaat bangun subuh untuk kesehatan yang nilainya rohaniah serta jasmaniah. Salah satunya yang berdampak secara batin adalah Anda bisa lebih mengapresiasi diri sendiri. Pada akhirnya rasa bahagia yang didapatkan karena berhasil bangun di waktu subuh.

Bangun Subuh Baik bagi Kesehatan

Bangun di waktu subuh bukan hal yang merugikan dan tanpa manfaat. Secara medis, manfaat bangun subuh untuk kesehatan dapat dilihat dari beberapa poin pembahasan di bawah ini:

1. Lebih Berenergi

Tidur di waktu malam yang tidak larut dan bangun pada waktu subuh membuat tubuh menjadi lebih berenergi karena diberikan kesempatan menghirup udara segar. Terlebih, udara di waktu subuh adalah udara paling bagus karena merupakan pertukaran oksigen pertama di bumi.

2. Memperbaiki Mental

Bangun di waktu subuh membuat setiap orang memiliki perasaan optimis dan lebih tenang. Berbeda jika ada orang yang menukar waktu tidur, yakni di pagi hari. Sementara membiarkan tubuh beristirahat di pagi hari dan terjaga di malam hari akan meningkatkan rasa pesimis dan depresi.

3. Produktif

Dengan bangun di kala subuh, otomatis lebih banyak hal bisa dilakukan sehingga lebih banyak urusan bisa diselesaikan dalam waktu lebih cepat. Contoh sederhananya saja, seorang ibu bangun di waktu subuh berpotensi menyelesaikan pekerjaan rumah di pagi hari dan di kala siang bisa beristirahat.

4. Lebih Tenang

Mari hubungkan manfaat bangun subuh untuk kesehatan ini dengan poin ketiga. Ketika lebih banyak pekerjaan bisa diselesaikan maka otomatis batin juga akan terasa jauh lebih tenang. Hati yang tenang menjadi penyebab jiwa lebih bahagia dan damai.

Berbagai manfaat bangun subuh dari segi lahir dan batin di atas bisa didapatkan siapa saja tanpa terkecuali. Alasan bangun subuh bukan berarti Anda hendak melaksanakan sholat subuh, namun banyak alasan bisa dijadikan latar belakang. Poinnya adalah wanita haid juga bisa bangun subuh.

Upaya Bangun Subuh

Setelah mengetahui berbagai manfaat bangun subuh untuk kesehatan di atas, adakah upaya Anda untuk membiasakan tubuh bangun di waktu subuh? Memang rasanya sulit, namun jika mau berusaha, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara, seperti mengatur alarm berkali-kali.

Jika hanya satu kali, kemungkinan besar alarm akan dimatikan karena tidak sengaja atau terlalu berisik. Anda bisa mengatur alarm berkali-kali dengan suara yang nyaring di dekat telinga. Dengan catatan, suara alarm tersebut tidak merusak gendang telinga, namun bisa terdengar jelas untuk membangunkan.

Mengatur pola tidur bukan hanya dilakukan saat bangun subuh, namun di waktu malam sebelum tidur juga. Anda wajib menghitung berapa jam Anda tidur jika ingin bangun di waktu subuh. Pastikan waktu tidur Anda cukup, tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan.

Untuk membiasakan diri dan memberikan manfaat bangun subuh, di jam tidur yang ditetapkan Anda bisa mematikan lampu dan handphone. Biarkan tubuh beristirahat sejenak agar mendapatkan manfaat bangun subuh untuk kesehatan diri dan lebih siap untuk menjalani hari dengan semangat yang lebih baru.

*Penulis: Dr. Zuhdy, dokter medis di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, juga aktif berbagi informasi kedokteran dan kesehatan di blog pribadi, DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.