Publik Bingung Jokowi Bikin RS Darurat Corona di Pulau Galang, Pasien Bagaimana ke Sana Pak? Kenapa Bukan di Pulau Reklamasi Saja?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Pulau Galang, Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu, 1 April 2020. Di Pulau Galang, pemerintah membangun rumah sakit darurat penanganan COVID-19.

Publik pun banyak mempertanyakan.

Fadli Zon mengaku bingung kenapa pemerintah membangun rumah sakit darurat penanganan COVID-19 di Pulau Galang, Batam. Padahal, zona merah yang menjadi penyebaran wabah COVID-19 berada di Jakarta dan Jawa. Bukan cuma itu, yang jadi pertanyaan bagaimana pasien bisa pergi ke Pulau Galang.

"Episentrumnya di Jakarta dan Jawa, rumah sakitnya di Pulau Galang, Batam. Bagaimana cara pasien ke Pulau Galang?" kata Fadli Zon lewat Twitter, Rabu, 1 April 2020.

Harusnya, kata dia, pemerintah membangun rumah sakit darurat penanganan COVID-19 di Pulau Reklamasi Jakarta.

"Kenapa enggak bangun RS di Pulau Reklamasi Jakarta? Lebih terjangkau dan aman terisolasi," ujar Kepala Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Sementara mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo juga sudah pernah mengusulkan Pulau Reklamasi Jakarta dijadikan sebagai opsi apartemen untuk rumah sakit darurat penanganan COVID-19.

"Kita tentu tidak berharap korban COVID-19 di Indonesia semakin membengkak, apalagi ada 'prediksi matematis' bisa tembus angka ribuan. Tentu memerlukan 'RS Darurat' lagi disamping Wisma Atlet Kemayoran & P. Galang. Mengapa tidak ada opsi apartemen-apartemen di Pulau-Pulau Reklamasi saja?" kata Roy Suryo lewat Twitter.
Baca juga :