Publik Merasa Ditipu, Di tengah Wabah Corona, DPR Bacakan Surpres Jokowi Omnibus Law Cilaka


[PORTAL-ISLAM.ID]  Rapat Badan Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat menyepakati untuk membacakan Surat Presiden (Surpres) Jokowi tentang omnibus law Rancangan Undang-undang Cipta Lapangan Kerja (Cilaka) dalam rapat paripurna hari ini, Kamis, 2 April 2020.

"Akan dibacakan di paripurna besok (hari ini)," kata anggota Bamus dari PDIP, Said Abdullah kepada Tempo, Rabu, 1 April 2020.

Said mengatakan hanya omnibus law RUU Cipta Kerja yang akan dibacakan dalam rapat paripurna hari ini. Adapun surpres RUU Perpajakan tak dibacakan.

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Achmad Baidowi mengatakan, Baleg juga telah mengesahkan peraturan DPR tentang tata tertib yang mengatur kemungkinan rapat virtual dalam keadaan tertentu. Seperti keadaan darurat, kegentingan yang memaksa, keadaan bahaya, keadaan bencana, dan lainnya.

"Peraturan tentang Tata Tertib tersebut akan disahkan dalam paripurna besok," kata Baidowi, Rabu malam.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin sebelumnya mengatakan DPR berkewajiban menindaklanjuti surat presiden yang telah masuk dengan membacakannya dalam Badan Musyawarah. Merujuk mekanisme, Bamus kemudian akan mengagendakan rapat paripurna untuk membacakan surpres tersebut kepada anggota.

"Kalau tidak dibacakan pimpinan akan melanggar tata tertib," ujar Azis.

Namun publik tak terima dengan berlanjutnya RUU Omnibus Law.

"Omnibus Law menyelinap saat bencana Corona. #TolakOmnibuslawCilaka," ujar akun @NephiLaxmus di Twitter.

Baca juga :