Wakil Ketua DPRD DKI: Ada Anggota DPRD DKI Suspect Corona


[PORTAL-ISLAM.ID]  Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Suhaimi membenarkan ada rekannya sesama anggota DPRD yang tengah menjalani perawatan karena suspect virus corona (Covid-19). Namun, Suhaimi enggan menjelaskan lebih detail anggota DPRD DKI Jakarta yang menjadi suspect virus corona.

"Ada infonya, tapi kami masih menunggu informasi resmi dari kesekretariatan, atau RS atau Lab yang resmi. Karena saya tidak berani mengumumkan hal itu," kata Suhaimi kepada wartawan, Senin (16/3).

Suhaimi mengatakan DPRD DKI saat ini sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan keputusan Presiden Jokowi, bersama mengantisipasi Covid-19 ini. Dengan kondisi sekarang, memang akan perubahan, namun perubahan itu akan fleksibel sesuai kondisi terakhir seperti apa. Keputusannya nanti akan dibahas di Pimpinan dan Kesekretariatan DPRD.

"Apakah ini perlu ditunda dulu semua kegiatan dan sidang-sidang atau tidak, itu yang sudah kita komunikasikan ke Ketua DPRD untuk segera diambil keputusan," ujar anggota DPRD dari Fraksi PKS ini.

Suhaimi mengatakan, banyak sekali agenda dan kegiatan DPRD yang sudah dijadwalkan, mulai dari penerimaan tamu dari daerah, sampai sidang-sidang, termasuk Sidang Paripurna pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang rencananya akan digelar pada Senin, 23 Maret 2020 mendatang. Karena itu ini segera pimpinan koordinasikan di Pimpinan termasuk ke Sekwan.

Nantinya semua agenda yang amat tidak mendesak sekali akan ditunda, sedangkan yang amat mendesak harus melihat persiapan pencegahan penulara di Sekwan. Termasuk bila pemilihan Wagub DKI, kalau dianggap mendesak harus dilakukan persiapan pencegahan penularan Covid-19, mulai dari penggunaan thermal gun hingga hand sanitizer.

Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PAN Zita Anjani juga ikut membenarkan soal kabar Anggota Dewan yang kini sedang diobservasi karena suspect Covid-19. Namun Zita enggan menyebut identitas Anggota Dewan tersebut karena bersifat privasi pasien. "Iya benar ada," ucapnya.

Zita pun sudah meminta beberapa Anggota Dewan untuk menjaga diri dan tetap beraktivitas di rumah demi menghindari penularan.

Sementara itu, Anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak membenarkan adanya seorang Anggota Dewan yang saat ini sedang menjalani observasi dan perawatan karena menjadi suspect Covid-19. Ia enggan menyebut identitas anggota dewan tersebut, namun dikabarkan, kata dia, dari Anggota Fraksi Gerindra.

"Karena itu untuk saat ini, kami semua anggota dewan sepakat isolasi diri di rumah guna meminimalisir potensi penyebaran," ujarnya. [ROL]

Baca juga :