VIRAL... Surat Inem (WNI) yang terKARANTINA di Italy


Surat Inem yang terKARANTINA di Italy

*Inem. -a.k.a Amelia Rachim (jewelry designer, bekerja dan tinggal di Itali lebih dr 10 tahun)

Sebenarnya gw males nulis beginian. Semenjak dikarantina, waktu gw semakin berharga. Selain gatau kpn ajal menjemput, gw jg seorang ibu rumahtangga yg punya anak umur 2tahun yg lagi bandel2nya dan gabs diajak kompromi. Jd sempet mikir 2kali antara nulis ini atau beresin cucian, piring kotor, rumah berantakan, belum lagi harus disinfektasi lantai, baju, sepatu, gagang pintu & printil2an anak yg abis dibawa keluar rumah (maklum, gw blm tajir mampus buat bayar PRT di Italy yg gajinya rata2 €10/jam = Rp 160rb/jam). Tapi mumpung anak tidur siang & berasa punya tanggung jawab sosial terhadap tanah air, gw tulis seadanya dan secepatnya aja ya.

COVID19 itu BUKAN SEKEDAR FLU, OTOOONG!!! Kalo cuma flu, ngapain gw susah2 ngerem diri di rumah, mending jalan2 ke Venice atau Menara Pisa, atau ngopi2 bareng Valentino Rossi & Francesco Totti, mumpung di Italy toh.

Yang koid di Italy udh lebih dari 800 orang woy! Lo tau ga Itali segede apa? Ga lebih gede dr pulau Jawa! Jadi kebayang kan kalo di pulau Jawa mati 800 org cuma gara2 virus? Tau ga kalo sistem sanitasi di itali itu yg terbaik di Eropa? Di Eropa woy, jd gausah bandingin ama Asia, cina, apalagi Indonesia, ga level! Di negara yg sistem sanitasinya terbaik aja, yg meninggal udh lebih dr 800 org, di tiap rumah sakit pun udh kewalahan nanganin pasien. Pasien corona yg jd prioritas aja udh ditaro di koridor2 bahkan mau ditransfer ke hotel saking gada lg tempat yg nampung. Semua dokter & staf medis kerja 24jam cuma buat ngurus org yg terinfeksi ni virus. Terus org lain yg sakit, kecelakaan, patah tulang, kebelet ngelahirin, dll gmn? Ya harus nunggu!! Jadi kebayang ga chaosnya kayak apa di rumah sakit??? Masih bilang ini cuma virus flu?!

"Yah, mortal rate-nya (angka kematian -red) kan cuma 2%..." Ya emang cuma 2%, kalo ditanganin dgn baik (baca: BUKAN di Indonesia). Disini yg suspect langsung jd prioritas, alat bantu pernafasan langsung siap di emergency room tiap rumah sakit & puskesmas. Di Indonesia gimana?? Di Indonesia mortal rate-nya jelas jauh lebih besar. Tau sendiri kan sistem sanitasi di Indonesia gimana. Belum lagi simpang siur informasi yg kurang transparan.

"Salah pemerintah lah... Kenapa ga ditanggulangi dgn jelas, malah bikin diskon pariwisata dll." Ya SALAH ELU JUGA OTOOONG. Udah tau ni virus baru aja ditetapin WHO sebagai epidemia internasional, lah elu malah haha hihi di hajatan temen, jalan2 ikut diskonan, ngemol bareng geng2 grup wa.

Covid19 ini sangat viral, perkembangannya sangat cepat dan sulit terdeteksi. Sampai kemarin gw masih santai2 aja mesti dikarantina di rumah, yg penting masih bisa belanja bahan makanan & sedikit hirup udara segar di halaman depan rumah. Tp hari ini tiba2 semua berubah. Sekarang buat belanja aja mesti punya surat sertifikat. Keluar rumah selain hal urgen bs dipenjara 3 bulan atau denda sebesar €260. Tiap habis keluar rumah harus disinfektasi tangan dan barang2 yg kemungkinan disentuh orang lain. Belum lagi masker yg udh jd make-up sehari2.

"Ah...orang Indonesia mah udh biasa, DBD jg viral kok." Serah lu deh Tong, hidup lo mati lo bukan urusan gw. Pasien DBD ga mungkin nularin penyakitnya ke dokter, staf rumah sakit, atau keluarga nya kan? Serah lu deh, mikir aja sendiri, lulus SD kan? Gw udh pusing mikirin tiket mudik yg udh terlanjur dibeli buat lebaran nanti yg mau gamau mesti dicancel, males mikirin lu segala.

Saran gw cuma 3 kalo lo mau dengerin, biar keadaan lo di Indonesia ga ngenes2 amat kyk gw:
1. GAUSAH keluar rumah, apalagi kumpul2, bikin hajat, atau jalan2 ke tempat umum kalo ga penting2 amat.
2. Kalau terpaksa ketemu orang lain, jaga jarak aman, MINIMAL 1 METER.
3. CUCI TANGAN sesering mungkin, wudhu juga boleh bangeet, asal PAKE SABUN.

Jadi intinya WASPADA, bukan PANIK, apalagi sampe beli indom*e berdus2 (memperkuat daya tahan tubuh butuhnya vitamin woy, bukan mecin).

Udah gitu aja, anak gw udh keburu bangun. Kalo mau dengerin sukur, kalo ngga, yg penting gw udh sampein. Jangan bilang gw ga ngingetin ya kl knp2.

Salam peace dan cium virtual (biar ga nyebar virus),

Inem.
-a.k.a Amelia Rachim (jewelry designer, bekerja dan tinggal di Itali lebih dr 10 tahun)

*Sumber: WAG

loading...