Saat Itjima di Gowa Batal, Eh .... Tahbisan Uskup di NTT Tetap Berjalan dan Dihadiri 4.000 Orang


[PORTAL-ISLAM.ID]  Jamaah Dunia 2020 pada awalnya direncanakan digelar di kompleks Darul Ulum, Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 19 Maret mendatang. Namun acara tersebut batal digelar dengan alasan mencegah penularan virus corona (COVID-19).

“Berdasarkan keterangan Gubernurnur Sulsel Nurdin Abdullah dan Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, setelah berkoordinasi bersama Kapolri, Kapolda, dan Bupati Gowa, acara Ijtima Jamaah Tabligh Dunia, resmi dibatalkan,” ujar Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan, Kamis, 19 Maret 2020.

Hal ini berbanding terbalik dengan yang terjadi di Flores.

Acara penahbisan Uskup Baru Ruteng di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, tetap digelar, Kamis, 19 Maret 2020. Diperkirakan dihadiri oleh 4.0 orang dan sekitar 1.000 orang berada di dalam gereja, sedangkan sisanya berada di luar.

Sebelumnya pemerintah sudah meminta agar acara itu ditunda untuk sementara waktu. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo telah mengirim surat kepada yang mulia Kardinal, agar bersedia menunda acara pelantikan Uskup Ruteng, demi alasan kemanusiaan. Namun ditolak.

loading...