GARA-GARA ANIES


GARA-GARA ANIES

Pemerintah Amerika Serikat baru saja mencabut status Negara Berkembang dari Indonesia.

Konsekuensinya apa?

Dengan dicabutnya status negara berkembang dari Indonesia, maka segala fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah AS terhadap Indonesia sebagai negara berkembang, seperti insentif bea masuk impor, pinjaman lunak, dan lain-lain, otomatis dicabut.

Imbasnya apa?

Yang paling memukul Indonesia adalah dihapusnya insentif bea masuk impor AS, yang selama ini hanya 5%, kini menjadi 20%, setara dengan bea masuk negara-negara maju lain. Otomatis, harga-harga komoditas dari Indonesia naik dengan kisaran 15% hingga 20%, yang menjadikan daya saing produk-produk Indonesia melemah. Padahal selama ini AS menjadi tulang punggung ekspor Indonesia.

Dan karena AS adalah dedengkot WTO, maka WTO pun pasti juga akan ikut mencabut status negara berkembang dari Indonesia. Berbagai fasilitas yang dinikmati Indonesia pun juga akan dicabut oleh negara-negara anggota WTO lain.

Neraca pedagangan Indonesia pun terancam. Rupiah langsung melemah. IHSG amblas. Menkeu kalang kabut. Jangan heran jika udara dan api mungkin akan dikenai cukai demi menutup defisit.

Lalu, apa pertimbangan AS dalam mencabut status Negara Berkembang dari Indonesia?

Biasanya, PDB perkapita yang jadi pertimbangan.

Apakah PDB perkapita Indonesia layak disejajarkan dengan negara-maju maju?

PDB perkapita terakhir Indonesia adalah USD4.175, atau setara Rp59 juta pertahun. Masih jauh di bawah standar minimal yang diterapkan oleh IMF untuk disebut Negara Maju.

Bandingkan dengan Singapura yang sudah lama melepas status Negara Berkembang. PDB negara tetangga kita ini tahun 2018 adalah USD65.233, atau setara Rp906 juta pertahun.

Timpang sekali. Tidak mungkin PDB yang jadi pertimbangan.

Lalu apa?

Selain faktor politik akibat semakin mesranya Indonesia dan RRC, kemungkinan lain karena Trump melihat wajah DKI sekarang yang semakin cantik dan maju. Kenapa DKI? Ya karena DKI adalah ibukota Indonesia, wajah Indonesia. 😁

Kalau benar DKI yang jadi pertimbangan, wah, kurang ajar sekali Anies ini, bikin repot menteri-menteri perekonomian pusat saja.

Jika melihat kondisi DKI sekarang, negara mana yang masih mau menganggap Indonesia sebagai negara berkembang? 😁

DKI masih banjir? New York saja sering banjir kok.

(By Wendra Setiawan)

GARA-GARA ANIES Pemerintah Amerika Serikat baru saja mencabut status Negara Berkembang dari Indonesia. Konsekuensinya...

Dikirim oleh Wendra Setiawan pada Selasa, 25 Februari 2020