Lutfi Pembawa Bendera Jalani Sidang Perdana Hari Ini, Netizen Berikan Support #FreedomForLuthfi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Perkara Lutfi Alfiandi (LA), demonstran pembawa bendera merah putih dalam aksi pelajar di salah satu gelombang demo tolak RKUHP dan RUU kontroversial lain di depan DPR pada September lalu dijadwalkan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, hari ini, Kamis (12/12/2019), seperti dilansir CNNIndonesia.

Lutfi merupakan salah satu demonstran yang terlibat dalam aksi pelajar sekolah menengah di depan gedung DPR pada 30 September yang ditangkap polisi. Ia lebih dikenal karena foto pemuda usia 20 tahun saat menggenggam bendera Merah Putih untuk menghindari gas air mata polisi tersebut viral di media sosial.

Seperti dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), sidang perkara dengan terdakwa Lutfi direncanakan dimulai pukul 14.00 WIB.

Dalam pencatatan tersebut, kasus ini diklasifikasikan sebagai kejahatan terhadap penguasa umum. Adapun sejumlah pasal yang dikenakan yakni kesatu, Pasal 212 KUHP juncto Pasal 214 ayat 1 KUHP atau kedua, Pasal 170 KUHP atau ketiga, Pasal 218 KUHP.

Kuasa hukum Lutfi dari LBH Kobar, Sutra Dewi mengatakan kliennya dijerat hukum lantaran aksi pada 25 September 2019. Namun, polisi menangkap LA pada Senin 30 September 2019. Selanjutnya, sambung Sutra, polisi menahan kliennya sejak Selasa 1 Oktober 2019.

Lutfi sempat ditahan di Polres Jakpus sebelum dipindahkan ke Rutan Salemba.

Berkas kasus Lutfi itu dinyatakan lengkap atau P21 dan dilimpahkan ke kejaksaan pada Senin, 25 November 2019.

Ibu dari Lutfi Alfiandi, Nurhayati Sulistya saat ditemui pada 3 Desember lalu berharap anaknya bisa bebas tanpa syarat. Sebab ia meyakini, Lutfi tak melakukan perusakan ataupun kekerasan di salah satu gelombang protes menolak sejumlah regulasi bermasalah di depan kompleks parlemen pada 25 September 2019 lalu.

Melalui akun facebooknya Nurhayati Sulistya meminta doa untuk anaknya yang akan menjalani sidang perdana.

"Assalamualaikum mhon doa y hari Kamis tgl 12 Des akan d gelar sdang pertama Lutfi Alfiandi di PN jakpus smoga di beri kelancaran dan kemudahan dlm persidangan y Aamiin," tulis Nurhayati Sulistya.

Dukungan dan doa pun mengalir untuk kebebasan Lutfi.

Di sosial media netizen berikan support melalui tagar #FreedomForLuthfi.
loading...