Drama Menteri Anti Korupsi, Rocky: Jokowi Pakai Rompi Tahanan KPK, Baru Lucu, Bukan Baju OSIS


[PORTAL-ISLAM.ID] Pengamat politik Rocky Gerung mengomentari soal pentas drama yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan para menterinya beberapa hari lalu dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi.

Rocky Gerung mengatakan akan lebih bagus lagi jika Jokowi mengenakan rompi oranye (tahanan) KPK untuk memberi pesan antikorupsi.

Di acara 'Mata Najwa' Trans7, Rabu (11/12/2019), mulanya Rocky Gerung menjelaskan pentas drama Jokowi bukanlah sebuah humor.

Ia tidak melihat adanya hal yang lucu dari pentas drama tersebut.

"Itu lucu tapi bukan humor, humor itu harus menghasilkan logic (logika) yang berantakan," kata Rocky Gerung.

"Ini enggak ada, dia enggak eksploitasi logic (logika)," tambahnya.

Meskipun ia tidak begitu suka dengan pentas drama Jokowi, Rocky Gerung mengiyakan bahwa kampanye Hari Antikorupsi memang boleh dilakukan dengan cara tersebut.

Ketimbang menyelenggarakan drama tersebut, Rocky Gerung memberikan alternatif lain yang menurutnya akan lebih lucu.

Ia menyarankan Jokowi kala itu pergi ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menggunakan rompi tahanan KPK.

Menurut Rocky Gerung, hal tersebut justru akan memberikan pesan yang kuat tentang antikorupsi ketimbang pentas drama yang diperankan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Saya membayangkan akan lebih lucu karena orang akan pake interpretasi yang agak bermutu, kalau pada saat bersamaan kan ada acara di KPK," jelas Rocky Gerung.

"Dan presiden tidak datang ke situ, mestinya presiden datang ke KPK dan dia pakai rompi orange itu, itu baru lucu karena orang akan dapat simbol semiotik."

"Presiden mau katakan bahkan saya pun bisa dibekuk oleh KPK, ya pakai rompi aja jangan pakai baju Osis begitu," tambahnya.

Rocky Gerung mengatakan ketika Jokowi mau menggunakan rompi oranye KPK, akan lebih efektif menyuarakan komitmen pemerintah memberantas korupsi.

"Lebih bermutu sebetulnya kalau presiden bilang oke mari kita bikin opera di KPK, dan yang akan pakai rompi orange itu adalah saya (Jokowi)," ujar Rocky Gerung.

"Itu sinyalnya bagus, lebih kuat pada publik bahwa 'jangankan menteri, jangankan Dirut, saya pun mungkin tergelincir, dan saya bersedia pakai rompi (tahanan ini)," kata Rocky.

[Video]
Baca juga :